Lupa Password sscasn.bkn.go.id, Ini yang Harus Dilakukan

Kompas.com - 19/07/2021, 20:39 WIB
Penjelasan soal helpdesk seputar CPNS 2021 yang dibuka BKN dan instansi yang membuka formasi CPNS screenshootPenjelasan soal helpdesk seputar CPNS 2021 yang dibuka BKN dan instansi yang membuka formasi CPNS
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa pendaftaran CPNS 2021 diperpanjang hingga 26 Juli 2021 mendatang.

Sehingga, bagi Anda yang hingga saat ini belum menyelesaikan proses pendaftaran masih memiliki waktu untuk merampungkan proses mengumpulkan dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan di masing-masing formasi jabatan yang Anda minati.

Hingga saat ini, ada 2,21 juta orang yang telah merampungkan proses mengunggah dokumen di laman SSCASN 2021. Meski demikian, nyatanya banyak pihak yang masih mengalami kendala dalam proses administrasi pendaftaran, salah satunya lupa password sscasn.bkn.go.id.

Baca juga: Pendaftaran CPNS Diperpanjang, Cek Instansi Terfavorit dan Sepi Peminat

Pegawai BKN melalui akun instagram @bkngoidofficial menjelaskan, para pelamar CPNS 2021 bisa menghubungi help desk BKN untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

"(Pelamar) bisa ke help desk, tapi sebaiknya diingat-ingat dahulu," ujar pegawai BKN seperti dikutip Kompas.com, Senin (19/7/2021).

Ia menjelaskan, ketika mendaftarkan akun, peserta diminta untuk membuat dua pertanyaan pengaman serta jawaban yang mudah diingat. Pertanyaan tersebutlah yang akan diberikan oleh sistem bila calon peserta seleksi CPNS 2021 mengalami lupa password sscasn.bkn.go.id.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, peserta CPNS 2021 diharapkan mengingat jawaban dari pertanyaan tersebut.

"Pertama, kalau reset password disuruh isi jawaban pengaman 1, kalau masih lupa akan disuruh menjawab pertanyaan pengawan 2," jelas pegawai BKN tersebut.

Bila calon peserta seleksi CPNS tersebut masih juga tak ingat jawaban dari pertanyaan pengaman yang dibuat, maka akan diminta untuk mengunggah KTP dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Baca juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK Diperpanjang Sampai 26 Juli, Pelamar Diingatkan Tak Terburu-buru

"Kalau masih lupa menu jawaban pengaman 2 akan diminta mengunggah KTP dan KK untuk dicek oleh help desk BKN keseuaiannya, apakah yang bersangkutan yang memiliki akun tersebut," jelas pegawai BKN.

Adapun dengan masa pendaftaran CPNS diperpanjang, maka terjadi beberapa perubahan dalam jadwal seleksi CPNS.

Secara lengkap, berikut jadwal terbaru mengenai tahapan pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 selengkapnya:

  • Pengumuman Seleksi ASN: 30 Juni - 14 Juli 2021
  • Pendaftaran Seleksi ASN: 30 Juni - 26 Juli 2021
  • Pengumuman Seleksi Administrasi: 2 - 3 Agustus 2021
  • Masa Sanggah: 4 - 6 Agustus 2021
  • Jawab Sanggah: 4 - 13 Agustus 2021
  • Pengumuman Pasca Sanggah: 15 Agustus 2021

Untuk ujian CPNS, pihak BKN menyebutkan, bakal menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah mengenai penanganan pandemi Covid-19. Hal tersebut berlaku baik untuk seleksi CPNS, PPPK non guru, dan PPPK non guru meliputi SKD, Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru, Seleksi Kompetensi PPPK Guru, dan SKB.

Baca juga: Seluruh Tahapan Pendaftaran CPNS 2021 Diundur, Cek Jadwal Resmi BKN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.