PPKM Darurat Diperpanjang hingga 25 Juli, Kurs Rupiah Diprediksi Bakal Menguat

Kompas.com - 20/07/2021, 21:24 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai keputusan Jokowi tersebut akan membawa dampak positif terhadap nilai tukar rupiah.

"Isu awal dua minggu (PPKM darurat diperpanjang), namun dengan melihat kondisi ini maka PPKM Darurat hanya sampai 25 atau 26 Juli. Ini akan berdampak positif ke rupiah," ujarnya kepada wartawan dalam keterangan tertulis, Selasa (20/7/2021).

Berdasarkan data Bloomberg, posisi kurs rupiah terhadap dollar AS berada di level Rp 14.517 per dollar AS.

Baca juga: Nasib PPKM Darurat Diumumkan, Simak Peringatan Satgas soal Pelonggaran

Ibrahim berharap kasus Covid-19 bisa turun dalam 5 hari ke depan. Sebab pada 20 Juli 2021, pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 38.325 orang.

Penambahan tersebut menyebabkan total kasus Covid-19 mencapai 2.950.058 orang, terhitung sejak pengumuman kasus pertama pada 2 Maret 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, PPKM Darurat diperpanjang oleh Presiden hingga 25 Juli. Perpanjangan selama 5 hari ini dilakukan karena angka kasus Covid-19 di Indonesia mulai melandai.

"Namun alhamdulillah, kita bersyukur, setelah dilaksanakan PPKM Darurat, terlihat dari data penambahan kasus dan kepenuhan bed rumah sakit mengalami penurunan," kata Jokowi melalui keterangan pers virtual.

Baca juga: Simak Jadwal dan Syarat Vaksinasi Gratis di Stasiun MRT Jakarta



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.