Penyebaran Covid-19 Masih Tinggi, Ini 6 Strategi OJK Jaga Stabilitas Sektor Keuangan

Kompas.com - 21/07/2021, 12:06 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan sambutan di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020 ( Instagram OJK @ojkindonesia) Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan sambutan di Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2020 ( Instagram OJK @ojkindonesia)

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan 6 langkah strategis untuk menjaga stabilitas sektor keuangan, sekaligus momentum pemulihan ekonomi, seiring masih tingginya angka penyebaran Covid-19.

"Kami memantau perkembangan situasi saat ini dan kami masih optimis dengan pertumbuhan ekonomi seiring dengan proyeksi pemulihan ekonomi nasional," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, dalam keterangannya, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Dapat Tawaran Investasi? Simak Cara Cek Surat Izin OJK yang Asli

Wimboh menyebutkan, untuk menjaga stabilitas sektor keuangan, OJK mengawal pelaksanaan PPKM Darurat, khususnya terkait pelaksanaan peran sektor jasa keuangan sebagai sektor esensial.

Pengawasan tersebut meliputi operasional sektor keuangan selama PPKM Darurat hingga pelayanan jalur komunikasi antara nasabah dan debitur, khususnya yang terdampak kebijakan PPKM Darurat.

Kemudian, OJK juga mendukung percepatan implementasi program vaksinasi Covid-19.

Ini dilakukan dengan cara mendorong pendirian sentra vaksinasi oleh lembaga keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Strategi ketiga adalah percepatan belanja pemerintah pusat dan daerah sebagai kebijakan dari sisi fiskal untuk mempertahankan tingkat konsumsi masyarakat di tengah disparitas pemulihan sektoral.

Baca juga: Data Terbaru, Ini 124 Pinjol yang Terdaftar dan Kantongi Izin OJK

Keempat, OJK mengakselerasi hilirasasi ekonomi dan keuangan digital, dengan tetap mewaspadai potensi kejahatan siber.

Selanjutnya, peningkatan penetrasi layanan keuangan dan pendalaman pasar keuangan untuk menjaga stabilitas keuangan secara berkelanjutan juga akan dilakukan OJK.

Terakhir, OJK mendorong berkembangnya sustainable finance untuk membiayai sustainable economic recovery dan memitigasi climate-related risk, dengan menjalankan inisiatif strategis berupa pengembangan taksonomi hijau yang bertujuan mengklasifikasikan aktivitas pembiayaan dan investasi berkelanjutan di Indonesia.

Strategi ini meliputi sejumlah lngkah strategis, mulai dari pengembangan taksonomi hijau, hingga peningkatan awareness dan capacity building untuk seluruh pemangku kepentingan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.