PPKM Darurat Diperpanjang, Kadin: Roda Ekonomi Tetap Harus Berjalan

Kompas.com - 21/07/2021, 14:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, roda ekonomi harus tetap berjalan meskipun kebijakan PPKM darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021.

Dia mengakui, para pengusaha cukup memahami pentingnya penanganan kesehatan dalam mengendalikan pandemi Covid-19.

"Kesehatan ini walau di sisi lain sangat penting, namun roda ekonomi juga harus berjalan," ujar Arsjad saat Press Conference Wacana Pengenaan Pelarangan Beroperasi Bagi Sektor Industri Manufaktur Selama PPKM Mikro Darurat yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Ini Strategi Kadin Atasi Pandemi Untuk Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Arsjad mengatakan, para pengusaha ikut mendukung penuh langkah-langkah yang diambil pemerintah.

Namun, ia menegaskan, perekonomian juga tetap harus dijaga agar bisa berjalan dengan baik sehingga para pekerja juga tidak terkena imbasnya.

"Penting sekali ekonomi terus berjalan, karena kalau tidak berjalan bagaimana kehidupan saudara-saudara kita, pekerja formal maupun informal. Tidak semua saudara-saudara kita punya tabungan," ungkap Arsjad.

Oleh sebab itu, Kadin mengusulkan kepada pemerintah untuk tetap mengizinkan perusahaan industri manufaktur, sektor kritikal, dan esensial serta industri penunjangnya untuk tetap beroperasi dengan kapasitas maksimal 100 persen.

Baca juga: Perpanjangan PPKM Darurat Harus Dibarengi Penyaluran Bansos

"Begitupun dengan industri berorientasi ekspor tetap beroperasi dengan kapasitas, maksimal 100 persen karyawan operasional dan 25 persen karyawan penunjang operasional. Selain itu, perusahaan juga harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan terus mempercepat vaksinasi bagi semua pekerjanya," papar Arsjad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.