Pilot Perempuan Berusia 82 Tahun Terbang Bersama Jeff Bezos ke Luar Angkasa, Siapakah Dia?

Kompas.com - 21/07/2021, 16:52 WIB
Tangkap layar, Wally Funk (82 tahun), yang akan menjadi astronot tertua di dunia, setelah misi ke luar angkasa akhir bulan ini di atas kapal Blue Origin karya Jeff Bezos. QSROU via TWITTERTangkap layar, Wally Funk (82 tahun), yang akan menjadi astronot tertua di dunia, setelah misi ke luar angkasa akhir bulan ini di atas kapal Blue Origin karya Jeff Bezos.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menunggu selama setengah seorang pilot perempuan yang sempat dilatih untuk program Mercury NASA, Wally Funk, akhirnya berhasil mencapai misi ke luar angkasa.

Pada Selasa (20/7/2021), waktu setempat, Funk berhasil menyelesaikan perjalanannya ke luar angkasa selama 10 menit menggunakan roket Blue Origin New Shepard bersama dengan orang terkaya di dunia, Jeff Bezos.

"Saya menyukai setiap menit (dari perjalanan itu). Saya hanya berharap itu akan berlangsung lebih lama ... dan bisa melakukan lebih banyak gulungan dan tikungan dan sebagainya," ujar dia usai melakukan perjalanna tersebut, seperti dilansir dari CNN, Rabu (21/7/2021).

"Namun aku menyukainya dan tidak sabar menunggu untuk bisa terbang lagi," ujar dia.

Berdasarkan unggahan Bezos di Instagram, Funk melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan Blue Origin Snew Shepard sebagai tamu kehormatan.

Baca juga: Mundur dari Amazon, Jeff Bezos Punya Uang Tunai Ratusan Triliun di Bank

Di dalam rekaman radio ketika peluncuran roket dilakukan, terdengar suara Funk menyerukan kondisi luar angkasa yang gelap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya melihat kegelapan. Saya pikir saya akan melihat dunia, namun kami tidak cukup tinggi," ujar Funk dalam konferensi pers usai penerbangan dilakukan.

Untuk diketahui, Funk pernah secara sukarela menjadi anggota dari program Mercury 13, atau diketahui sebagai 'Women in Space Program', atau Program Perempuan di Luar Angkasa, pada Februari 1961 lalu.

Program tersebut adalah program yang didanai swasta untuk melatigh dan menerbangkan perempuan ke luar angkasa untuk pertama kalinya.

13 perempuan yang terlibat di dalam program tersebut melakukan pelatihan dan ujian yang juga dilakukan oleh 7 orang laki-laki yang sebelumnya terlibat dalam program Mercury.

Baca juga: Punya Harta Rp 2.722 Triliun, Inilah Orang Terkaya di Dunia

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.