Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Bezos, Pergi ke Luar Angkasa Berkat Pegawai dan Pelanggan Amazon

Kompas.com - 21/07/2021, 17:30 WIB
Mutia Fauzia

Penulis

Sumber CNN


JAKARTA, KOMPAS.com - Jeff Bezos pada Selasa (20/7/2021) waktu Amerika Serikat telah melakukan perjalanan ke luar angkasa menggunakan roket Blue Origin New Shepard.

Dilansir dari CNN, Bezos bukanlah miliarder dunia yang pertama kali terbang ke luar angkasa dengan roket yang ia danai sendiri.

Sebelumnya, Richard Branson juga telah melakukan perjalanan luar angkasa dengan roket yang dikembangkan oleh perusahaan yang ia danai, Virgin Galactic. Penerbangan Branson dilakukan sembilan hari lebih awal dibanding penerbangan yang dilakukan Jeff Bezos.

Namun demikian, Bezos merupakan orang terkaya di dunia yang pernah pergi ke luar angkasa.
Beberapa pihak mengatakan, perjalanan yang dilakukan oleh Bezos membuka kemungkinan perjalanan luar angkasa dilakukan oleh masyarakat sipil.

Baca juga: Pilot Perempuan Berusia 82 Tahun Terbang Bersama Jeff Bezos ke Luar Angkasa, Siapakah Dia?

CNN memberitakan, dalam keterangannya, Bezos pun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pelanggan dan pegawai Amazon.

Ia mengatakan, merekalah yang turut serta mendanai perjalanan Blue Origin hingga akhirnya bisa terbang ke luar angkasa.

"Saya ingin berterima kasih kepada setiap karyawan Amazon dan pelanggan Amazon, karena kalian lah yang membayar semua ini. Jadi sungguh, untuk setiap pelanggan Amazon di luar sana, pegawai Amazon di luar sana, terima kasih dari lubuk hati terdalam saya. Saya sangat menghargai Anda," ujar Bezos.

Namun demikian, apresiasi yang diberikan Bezos, diungkapkan setelah perusahaan teknologi raksasa yang ia dirikan, Amazon, telah berkali-kali dituduh melakukan pelanggaran terhadap hak-hak buruh.

Baca juga: Punya Harta Rp 2.722 Triliun, Inilah Orang Terkaya di Dunia

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada setiap engineer Blue Origin yang telah membangun New Shepard, serta kota Van Horn, Texas, yang telah mengizinkan perusahaannya menggunakan wilayah tersebut.

Bezos pun mengatakan, ia ingin membuat perjalanan luar angkasa menjadi mungkin dilakukan bagi setiap orang.

Ketika ditanya mengenai cara membuat harga perjalanan luar angkasa menjadi lebih murah seiring berjalanannya waktu, ia mengatakan, cara yang dilakukan sama seperti yang terjadi pada tiket pesawat komersil.

"Anda harus melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan pada perjalanan pesawat komersil," ujar Bezos.

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia yang Kian Tajir di Tengah Pandemi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com