Jeff Bezos, Pergi ke Luar Angkasa Berkat Pegawai dan Pelanggan Amazon

Kompas.com - 21/07/2021, 17:30 WIB
Foto yang disediakan Blue Origin memperlihatkan pendiri Amazon Jeff Bezos keluar dari kapsul New Shepard setelah mendarat dengan mulus di gurun Texas Barat, pada Selasa 20 Juli 2021. BLUE ORIGIN via APFoto yang disediakan Blue Origin memperlihatkan pendiri Amazon Jeff Bezos keluar dari kapsul New Shepard setelah mendarat dengan mulus di gurun Texas Barat, pada Selasa 20 Juli 2021.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Jeff Bezos pada Selasa (20/7/2021) waktu Amerika Serikat telah melakukan perjalanan ke luar angkasa menggunakan roket Blue Origin New Shepard.

Dilansir dari CNN, Bezos bukanlah miliarder dunia yang pertama kali terbang ke luar angkasa dengan roket yang ia danai sendiri.

Sebelumnya, Richard Branson juga telah melakukan perjalanan luar angkasa dengan roket yang dikembangkan oleh perusahaan yang ia danai, Virgin Galactic. Penerbangan Branson dilakukan sembilan hari lebih awal dibanding penerbangan yang dilakukan Jeff Bezos.

Namun demikian, Bezos merupakan orang terkaya di dunia yang pernah pergi ke luar angkasa.
Beberapa pihak mengatakan, perjalanan yang dilakukan oleh Bezos membuka kemungkinan perjalanan luar angkasa dilakukan oleh masyarakat sipil.

Baca juga: Pilot Perempuan Berusia 82 Tahun Terbang Bersama Jeff Bezos ke Luar Angkasa, Siapakah Dia?

CNN memberitakan, dalam keterangannya, Bezos pun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pelanggan dan pegawai Amazon.

Ia mengatakan, merekalah yang turut serta mendanai perjalanan Blue Origin hingga akhirnya bisa terbang ke luar angkasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya ingin berterima kasih kepada setiap karyawan Amazon dan pelanggan Amazon, karena kalian lah yang membayar semua ini. Jadi sungguh, untuk setiap pelanggan Amazon di luar sana, pegawai Amazon di luar sana, terima kasih dari lubuk hati terdalam saya. Saya sangat menghargai Anda," ujar Bezos.

Namun demikian, apresiasi yang diberikan Bezos, diungkapkan setelah perusahaan teknologi raksasa yang ia dirikan, Amazon, telah berkali-kali dituduh melakukan pelanggaran terhadap hak-hak buruh.

Baca juga: Punya Harta Rp 2.722 Triliun, Inilah Orang Terkaya di Dunia

Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada setiap engineer Blue Origin yang telah membangun New Shepard, serta kota Van Horn, Texas, yang telah mengizinkan perusahaannya menggunakan wilayah tersebut.

Bezos pun mengatakan, ia ingin membuat perjalanan luar angkasa menjadi mungkin dilakukan bagi setiap orang.

Ketika ditanya mengenai cara membuat harga perjalanan luar angkasa menjadi lebih murah seiring berjalanannya waktu, ia mengatakan, cara yang dilakukan sama seperti yang terjadi pada tiket pesawat komersil.

"Anda harus melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan pada perjalanan pesawat komersil," ujar Bezos.

Baca juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia yang Kian Tajir di Tengah Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.