Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada PPKM, Begini Strategi CGV Bertahan Meski Bioskop Ditutup

Kompas.com - 23/07/2021, 08:38 WIB
Kiki Safitri,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Graha Layar Prima Tbk (BLTZ) atau Bioskop CGV mengungkapkan, pihaknya terus berupaya untuk bertahan selama pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM Darurat saat ini.

Sales and Marketing Division Head CGV Manael Sudarman mengungkapkan, pihaknya tidak menampik dampak dari penutupan operasional mengganggu kelangsungan bisnis perusahaan, sehingga terjadi penurunan traffic.

“Memang di kuartal dua secara traffic menuju ke arah normal. Tapi karena ada penutupan total tahun lalu dan PPKM darurat berakibat pada penurunan traffic,” jelas Manael dalam public expose virtual, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Diterpa Pandemi, Bioskop CGV Merugi, Pendapatan Anjlok Selama 2020

Walau demikian, di 2021, BLTZ melakukan beberapa terobosan dan inovasi seperti menerapkan sistem pembayaran secara touchless, baik untuk pembelian tiket, pembelian makanan, dan merchandise.

Pihaknya juga menambah kerja sama dengan penyedia layanan pembayaran digital dan platform penjualan tiket online.

Melalui inisiatif tersebut, Manael optimistis mampu bertahan meskipun pemerintah mengimbau untuk menutup operasional bioskop selama pemberlakuan PPKM Darurat.

“Pengembangan yang sedang kami lakukan adalah bentuk e-tiket di mana pelanggan yang sudah melakukan transaksi online cukup menunjukkan tiket digital malaui aplikasi CGV dan bisa langusng masuk auditorium,” jelas dia.

Accounting Manager PT Graha Layar PrimaArie Hartomo mengatakan,  pihaknya berupaya memastikan akan melakukan yang terbaik untuk dapat bertahan dan melakukan upaya-upaya untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di bioskop.

Baca juga: PPKM Darurat, CGV Tutup Sementara Semua Bioskopnya

Caranya, menerapkan protokol kesehatan ketat, vaksinasi karyawan, menurunkan kapasitas dan sterilisasi rutin.

“Jikalau CGV harus menutup beberapa bioskopnya sementara demi kepentingan masyarakat, kami akan turut serta menaati imbauan pemerintah. Diharapkan seiring dengen menerapkan hal-hal tersebut, menumbuhkan kepercayaan pada masyarakat, kinerja keuangan dapat membaik,” jelas Arie.

Head of Operation Graha Layar Prima Diana Abbas mengatakan, di tahun 2021, strategi perseroan untuk bertahan adalah dengan terus fokus pada operasional bisnis dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan kenyamanan pengunjung CGV.

Dia bilang, diharapkan tahun ini beberapa film yang sempat tertunda penayangannya bisa on schedule untuk tayang.

Hal ini mengingat kondisi pandemi awal tahun 2021 sedikit membaik dibandingkan akhir 2020 membuat studio film dunia confident meneruskan rencana penayangan film yang direncanakan rilis di tahun sebelumnya, dan juga memang sudah direncanakan rilis di 2021.

Baca juga: Tren Sewa Studio Bioskop, Berapa Harga di CGV?

“Secara strategis kami melakukan inovasi penyediaan produk yang menyesuaikan dengan kebutuhan hiburan masyarakat. Film-film yang tayang di semester 1 cukup membantu peningkatan kinerja perusahaan dibandingkan semester akhir di tahun sebelumnya,” jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com