Apa Itu Diversifikasi: Definisi, Manfaat, dan Contohnya

Kompas.com - 24/07/2021, 11:50 WIB
Ilustrasi: Deretan food truck. Diversifikasi adalah, apa itu diversifikasi, arti diversifikasi. KOMPAS/PRIYOMBODOIlustrasi: Deretan food truck. Diversifikasi adalah, apa itu diversifikasi, arti diversifikasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Diversifikasi adalah istilah yang sudah tak asing lagi dalam dunia bisnis. Diversifikasi adalah salah satu strategi dalam operasional bisnis. Lalu apa itu diversifikasi?

Dikutip dari Collins Dictionary, diversifikasi adalah praktik memvariasikan usaha, produk, investasi, jenis aset, dan sebagainya guna mengurangi risiko.

Dalam operasional bisnis, perusahaan yang bergantung pada satu produk akan terpapar risiko lebih tinggi apabila produk tersebut gagal di pasaran.

Itu sebabnya, perusahaan perlu melakukan diversifikasi dengan menghasilkan produk atau jasa lainnya agar perusahaan terhindar dari risiko.

Baca juga: Arti Kapitalis dan Kapitalisme: Definisi, Sistem Ekonomi, dan Contoh

Selain mengurangi risiko karena ketergantungan pada satu produk atau jasa, mendiversifikasi usaha berarti semakin banyak peluang keuntungan yang bisa didapatkan. Arti diversifikasi membuat perusahaan semakin stabil dalam bisnisnya.

Diversifikasi adalah mencoba peluang keuntungan dari produk atau jasa lainnya. Apabila perusahaan mengalami penurunan pendapatan dari penjualan salah satu barang atau jasa, perusahaan masih bisa mendapatkan keuntungan dari produk atau jasa lainnya.

Bagi banyak perusahaan besar, diversifikasi adalah lazimnya memperluas bisnis yang masih berkaitan bisnis inti perusahaan. Ini karena ada risiko besar apabila perusahaan memutuskan berekspansi ke bisnis yang tidak berhubungan dengan bisnis inti.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan produsen tepung terigu akan melakukan diversifikasi ke bisnis lainnya seperti menjadi produsen mi instan karena bahan bakunya masih terkait dengan tepung terigu.

Baca juga: Apa Itu Komunis: Definisi, Ciri, Sistem Ekonomi, dan Contoh Negara

Diversifikasi lain yang bisa dijalankan namun masih berkaitan dengan bisnis inti yakni produksi tepung terigu seperti mendiversifikasi usaha dengan mendirikan perusahaan roti.

Perusahaan yang sama juga bisa mendirikan perusahaan pakan ternak, karena banyak tepung terigu kualitas rendah yang bisa diolah menjadi pakan hewan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.