PPKM Level 4: Beda dengan Pasar yang Boleh Buka, Mal Tetap Tutup

Kompas.com - 26/07/2021, 13:56 WIB
PPKM Level 4, Istilah Baru Pengganti PPKM Darurat KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoPPKM Level 4, Istilah Baru Pengganti PPKM Darurat


JAKARTA, KOMPAS.com – Mal yang berada di wilayah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 4 tetap wajib tutup mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Ketentuan mengenai penutupan mal di masa PPKM Level 4 disebutkan pada Diktum Ketiga huruf g aturan tersebut. Meski begitu, terdapat pengecualian terkait ketentuan penutupan mal.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Sewa Toko di Mal Bebas Pajak hingga Agustus

“Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan ditutup sementara kecuali akses untuk pegawai toko yang melayani penjualan online dengan maksimal 3 (tiga) orang setiap toko, restoran, supermarket, dan pasar swalayan dapat diperbolehkan dengan memperhatikan ketentuan pada diktum KETIGA poin c.4 dan f.2,” demikian bunyi aturan tersebut, dikutip pada Senin (26/7/2021).

Hal ini berbeda dengan ketentuan mengenai pasar rakyat. Dalam aturan yang sama dijelaskan, untuk supermarket, pasar rakyat, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari tetap dibolehkan buka.

Hanya saja, jam operasional supermarket, pasar rakyat, toko kelontong dan pasar swalayan tersebut dibatasi sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Resmi, Jokowi Serahkan Aturan Teknis Pelonggaran PPKM ke Pemda

Sementara, untuk apotek dan toko obat dapat buka selama 24 jam penuh dalam sehari, sebagaimana ketentuan yang sudah berlaku sebelumnya.

Adapun pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen dan jam operasi sampai pukul 15.00 waktu setempat.

Sementara itu, pedagang kaki lima, toko kelontong, agen/outlet voucher, barbershop/pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka.

Baca juga: Simak Aturan Soal Operasional Mal dan Restoran Saat PPKM Level 4 dan Level 3

Syaratnya, tempat usaha tersebut diwajibkan menerapkan protokol kesehatan ketat dan jam operasional dibatasi sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat. Adapun pengaturan teknisnya dilakukan oleh Pemerintah Daerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.