Setelah Beberapa Pekan, Harga Bitcoin Kembali Lampaui Rp 500 Juta

Kompas.com - 26/07/2021, 16:01 WIB
Ilustras bitcoin Dok. Pixabay/MichaelwuenschIlustras bitcoin
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bitcoin kembali menguat dan mendekati level harga 40.000 dollar AS per keping pada perdagangan hari ini, Senin (26/7/2021).

Dikutip dari Coinmarketcap, harga bitcoin diperdagangkan di kisaran 38.100 dollar AS per keping atau sekitar Rp 552,45 juta dollar AS per keping. Nilai tersebut menguat 9,95 persen bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama 24 jam yang lalu.

Sementara bila dibandingkan dengan sepekan yang lalu, harga bitcoin melonjak 20,64 persen.

Penguatan harga bitcoin pun diikuti oleh mata uang kripto lain, seperti ethereum yang harganya menguat 7,28 persen menjadi di kisaran 2.329,19 dollar AS per keping atau sekitar Rp 33,77 juta per keping. Bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama sepekan yang lalu, harga ethereum bahkan melejit hingga 22,81 persen.

Baca juga: Akhir Pekan, Harga Bitcoin dkk Melesat

Dilansir dari CNBC, harga bitcoin menguat mendekati 40.000 dollar AS untuk pertama kalinya sejak enam pekan yang lalu, atau sekitar pertengahan Juni lalu.

Sebelumnya, bitcoin bahkan sempat diperdagangkan di bawah 30.000 dollar AS per keping.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa pihak telah mengkhawatirkan harga bitcoin bisa terkoreksi jauh bila aksi jual yang dilakukan oleh investor di berbagai penjuru dunia terus berlanjut.

"Saya pikir kita sudah melihat akumulasi periode di ksiaran 29.000 hingga 30.000 dan saat ini terindikasi bullish dan ada potensi bergerak ke arah 40.000 dollar AS untuk bitcoin," ujar Head of Business Development Luni Vivay Ayyar seperti dilansir Kompas.com dari CNBC.

Harga bitcoin yang menguat signifikan di awal pekan ini tak terlepas dari pernyataan CEO Elon Musk beberapa waktu lalu.

Pada sebuah acara, bersama dengan CEO twitter Jack Dorsey dan CEO Ark Invest Cathie Wood, Musk mengatakan, Telsa bakal kembali menerima bitcoin sebagai salah satu alat transaksi pembelian mobil.

Baca juga: Mata Uang Kripto adalah Uang Digital, Begini Cara Kerjanya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.