Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbang Rp 2 Triliun, Siapa Sebenarnya Akidi Tio?

Kompas.com - 27/07/2021, 12:00 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama almarhum Akidi Tio tengah menjadi sorotan publik. Hal itu terjadi setelah memberikan bantuan untuk penanganan warga yang terdampak Covid-19 di Sumatera Selatan sebesar Rp 2 triliun.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan oleh dokter keluarga Akidi, yakni Prof dr Hardi Darmawan di Mapolda Sumsel pada Senin (26/7/2021).

Lantas, siapa Akidi Tio?

Baca juga: Heboh Keluarga Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun untuk Penanganan Covid-19

Almarhum merupakan pengusaha asal Langsa, Aceh Timur. Usaha yang digelutinya bergerak di bidang pembangunan serta kontraktor.

Dia merupakan seorang bapak dari tujuh orang anak. Semua anaknya pun mengikuti jejak ayahandanya menjadi seorang pengusaha.

Saat ini, enam anaknya tinggal di Jakarta dan satu orang lainnya tinggal di Palembang.

"Semua anaknya pengusaha, mendiang bapak Akidi juga berpesan kepada anaknya jika sukses dalam bidang usaha apapun agar membantu orang miskin. Almarhum itu pengusaha di bidang perbesian dan kontainer,"kata Prof dr Hardi Darmawan.

Sosok yang Dermawan

Almarhum Akidi Tio disebut merupakan sosok pengusaha yang dermawan. Bantuan yang diberikannya kali ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh keluarganya.

Hardi Darmawan menyebut selama pandemi Covid-19 berlangsung keluarga almarhum selalu membantu warga yang terdampak.

"Tetapi memang bantuan itu tidak pernah di-publish (dipublikasikan), keluarga ini sering membantu warga yang isolasi mandiri," kata dia.

Baca juga: [POPULER MONEY] Luhut Ancam Sanksi bagi Pelanggar Aturan PPKM | Keluarga Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun

Layak Jadi Contoh

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menambahkan, bantuan yang diberikan oleh keluarga almarhum layak menjadi contoh bagi masyarakat Sumsel agar turut serta memberikan sumbangsih dalam penanganan Covid-19.

“Kita bangga ya, keluarga almarhum Akidi Tio ini ikut serta memberikan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 di Sumsel. Apalagi jumlah dana yang diberikan sangat besar mencapai Rp 2 triliun. Ini angka yang tidak sedikit,” kata Herman.

Herman berharap, apa yang telah dilakukan keluarga Almarhum Akidi Tio bisa memberikan motivasi bagi warga Sumsel untuk bersama-sama melawan pandemi Covid-19.

"Dengan harapan aktivitas sosial kembali normal kembali," ungkapnya.

Baca juga: Percepatan Dana Hibah Rp 2,4 Trilun, Sandiaga Uno: Skemanya Stagnasi dengan Kemenkeu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com