Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Catat Volume Lalu Lintas Turun Sekitar 40 Persen

Kompas.com - 27/07/2021, 13:17 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa Marga menyebut volume lalu lintas kendaraan di tol turun sekitar 40 persen selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat 3-20 Juli 2021.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, penurunan volume kendaraan tersebut terjadi sejumlah gerbang tol utama yang berbatasan dengan wilayah Jabotabek.

"Kami menilai kebijakan pemerintah ini sangat efektif menekan mobilitas masyarakat, termasuk dalam melakukan perjalanan darat dengan menggunakan jalan tol," ujar Heru melalui keterangan tertulisnya, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: KKP Larang Kapal Ikan di Atas 30 GT Beroperasi di Perairan 0-12 Mil

Jasa Marga mencatat tren penurunan lalu lintas kumulatif di sejumlah Gerbang Tol Utama yang berbatasan dengan wilayah Jabotabek, yaitu dari GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta Cikampek (akses arah Timur), GT Cikupa Exit Jalan Tol Jakarta-Merak (akses arah barat) dan GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi (akses arah Selatan).

Ia merinci, selama 18 hari PPKM Darurat, tercatat total volume lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Timur turun sebesar 40,97 persen dibandingkan lalu lintas harian sebelum PPKM Darurat. Rinciannya kendaraan yang melintasi GT Cikampek Utama turun sebesar 38,40 persen dan GT Kalihurip Utama turun sebesar 45,96 persen.

Sedangkan kendaraan yang menuju arah Barat melalui GT Cikupa turun sebesar 35,73 persen dan menuju arah Selatan melalui GT Ciawi turun sebesar 46,73 persen.

Penurunan juga terjadi pada jumlah kendaraan yang masuk ke Jabotabek mencapai 42,67 persen.

Baca juga: Istana Diminta Turun Tangan Atasi Hambatan Ekspor Sarang Walet ke China

Heru mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap terus mendukung pelaksanaan PPKM yang berlangsung hingga awal Agustus 2021 dengan tetap di rumah saja, menghindari ruang publik dan kerumunan, menerapkan pola hidup bersih dan tetap memperketat protokol kesehatan jika harus keluar rumah untuk keperluan mendesak, guna menekan penyebaran Covid-19.

Bagi pengendara yang akan melintasi jalan tol ingin mendapatkan informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat mengakses melalui Call Center 24 Jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0 untuk pengguna iOS dan Android.

"Selain itu, kami juga mengimbau agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat berada di tempat istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," kata dia.

Baca juga: Sumbang Rp 2 Triliun, Siapa Sebenarnya Akidi Tio?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com