[KURASI KOMPASIANA] Jepang Layak sebagai Tuan Rumah Olimpiade hingga Impian Disabilitas Semakin Didengar Dunia

Kompas.com - 27/07/2021, 14:54 WIB
Logo Olimpiade Tokyo 2020 beserta Olimpiade Paralimpik Tokyo 2020 twitterLogo Olimpiade Tokyo 2020 beserta Olimpiade Paralimpik Tokyo 2020

KOMPASIANA---Setelah melalui proses panjang akhirnya penyelenggaraan Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, dilaksanakan.

Kendati begitu penyelenggaraan tersebut tak sedikit menuai keraguan dan kontra. Banyak yang meragukan bahwa turnamen olahraga multicabang paling bergengsi di dunia ini akan berjalan dengan lancar.

Lain dari itu, penyelenggaraan di tengah pandemi Covid-19 serta besarnya biaya yang harus dikeluarkan pemerintah Jepang kian menegaskan bahwa sebaiknya Olimpiade dibatalkan.

Namun sejak dimulainya pembukaan pada Jumat (23/07) lalu, keraguan perlahan mulai mengikis. Tak sedikit yang menganggap Jepang tetap layak sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Alasannya pun beragam, mulai dari pengalaman hingga persiapan.

Berikut ini konten-konten menarik dan populer di Kompasiana terkait alasan mengapa Jepang layak sebagai tuan rumah, pelajaran "Cut Loss" dari penyelenggaraan Olimpiade, hingga impian disabilitas di dengar dunia melalui Olimpiade kali ini:

1. Karena 3 Alasan Inilah Jepang Memang Layak sebagai Tuan Rumah Olimpiade di Masa Pandemi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompasianer Adrian Chandra Faradhipta menilai Jepang memang layak menjadi tuan rumah Olimpiade 2020.

Menurutnya, Jepang adalah negara yang paling siap dan tepat menyelenggarakan olimpiade khususnya di tengah pandemi kali ini.

Alasan pertama adalah Jepang sangat berpengalaman sebagai tuan rumah acara internasional. Bermodal pengalaman tentu membuat Jepang tidak akan main-main dalam menyelenggaraan salah satu pesta olahraga bergengsi ini.

Sebelum Olimpiade, mungkin kita masih ingat bagaimana penyelenggaraan Piala Dunia 2002 silam. Bersama Korea, Jepang dinilai sukses membuat Piala Dunia mampir ke Asia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.