Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KSP Sahabat Mitra Sejati Berikan Pembiayaan dan Pendampingan untuk UMKM

Kompas.com - 27/07/2021, 15:30 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati melakukan program pendampingan dan pembiayaan berkesinambungan untuk para anggota koperasi.

Ketua I KSP Sahabat Mitra Sejati Ceppy Y Mulyana mengatakan, program pembiayaan tersebut dapat memaksimalkan momentum percepatan adaptasi penggunaan teknologi pelaku UMKM dan koperasi yang telah terjadi semenjak munculnya pandemi.

"Sejak dari pertengahan tahun lalu, mulai ada geliat yang positif dari anggota koperasi dan mitra UMKM untuk kembali memacu operasional dan kinerja usahanya setelah dapat beradaptasi dengan situasi saat ini," kata dia dalam keterangannya, dikutip Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Jokowi: Investor UMKM dan Koperasi Sama Mulianya dengan Investor Besar

"Kami mendukung geliat ini dengan proaktif melakukan pendampingan dan pembiayaan kepada anggota dan mitra sesuai kebutuhan demi kembali memacu operasional dan kinerja usaha mereka," tambahnya.

Hingga Desember tahun lalu, KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki 30.343 anggota yang tersebar di seluruh Tanah Air. Mayoritas anggota merupakan UMKM dengan beragam usaha, antara lain usaha makan minum, ritel, kesehatan, pertanian, dan bangunan.

Sementara itu, sepanjang Januari hingga Desember tahun lalu, KSP Sahabat Mitra Sejati telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 2,9 triliun.

Pada tahun ini, KSP Sahabat Mitra Sejati akan memaksimalkan layanan pembiayaan digitalnya, SOBATKU.

Baca juga: Kemenkop UKM Dorong Koperasi Simpan Pinjam Bentuk Holding, Apa Manfaatnya?

 

Aplikasi simpanan online yang telah diluncurkan pada 2017 itu, untuk memfasilitasi kebutuhan anggota di tengah kondisi pandemi.

"Anggota dapat menabung dengan mudah melalui smartphone tanpa perlu keluar rumah," ucap Ceppy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com