Ruangguru Luncurkan Fitur Adapto untuk Siswa SMP dan SMA

Kompas.com - 27/07/2021, 16:28 WIB
Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara saat acara launching Ruangpeduli. Webinar Launching RuangpeduliPendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara saat acara launching Ruangpeduli.

JAKARTA, KOMPAS.com - Platfirm pendidikan, Ruangguru meluncurkan Adapto, sebuah fitur baru yang memungkinkan siswa untuk memiliki pengalaman belajar online terpersonalisasi dan interaktif.

Fitur ini diklaim dapat meningkatkan interaksi belajar layaknya memiliki guru privat sendiri.

Terintegrasi di dalam video belajar Ruangguru, Adapto menjadi video belajar adaptif pertama di Indonesia yang saat ini tersedia bagi siswa SMP dan SMA.

Baca juga: Pemerintah China Larang Jasa Bimbingan Belajar Tarik Bayaran

Misalnya, di tengah video belajar, guru akan mengecek pemahaman siswa dengan memberikan opsi “Paham” dan “Bingung”. Jika siswa memilih opsi “Paham”, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya.

Namun apabila siswa memilih “Bingung”, maka guru akan akan mengulang kembali penjelasan materi yang belum dipahami.

“Proses materi belajar selanjutnya, akan disesuaikan berdasarkan pemahaman yang dimiliki siswa di setiap tahap. Sehingga, setiap siswa dapat memiliki alur dan ritme belajar yang berbeda-beda, tergantung pemahaman dan kebutuhan mereka,” ujar Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru dalam keterangan resminya, pekan lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Belva menuturkan, dengan fitur belajar Adapto, pemahaman siswa akan lebih terukur, karena penjelasan akan disesuaikan dengan pemahaman siswa.

Baca juga: Gredu Raih Pendanaan Seri A Senilai 4 Juta Dollar AS untuk Digitalisasi Sektor Pendidikan

“Meskipun terlihat sederhana, namun proses di balik layar pengembangan fitur Adapto, melibatkan tahapan yang sangat rumit," tutur Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.