Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Tambah Fasilitas RS di Yogyakarta

Kompas.com - 27/07/2021, 20:10 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pekerjaan penambahan kapasitas serta fasilitas isolasi pasien Covid-19 di Rumah Sakit (RS) Lapangan Bambanglipuro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan RSUP Dr Sardjito.

Hal ini dilakukan atas dasar instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan selaku Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Berdasarkan informasi, di Yogya ini kebutuhannya minimal 200 tempat tidur/bed ICU (Intensive Care Unit), namun yang tersedia sekitar 150 bed. Untuk itu pemerintah menambahkan di dua RS ini, mudah-mudahan bisa menambahkan fasilitas ICU di Yogyakarta," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Ini 10 Kementerian Pengelola Aset Negara Terbesar, Kementerian PUPR Paling Besar

Basuki mengatakaan, saat ini tengah dikerjakan penambahan kapasitas sebanyak 30 tempat tidur untuk pasien Covid-19 oleh Kementerian PUPR. Dari 30 fasilitas tempat tidur yang disiapkan, 10 tempat tidur dikondisikan sebagai fasilitas High Care Unit (HCU) yang dilengkapi oksigen dan ventilator.

"Mudah-mudahan dalam sepuluh hari selesai, minimal pengerjaannya dua shift dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Karena kita berpacu dengan waktu," jelasnya.

Selanjutnya dalam tinjauannya ke RSUP Dr Sardjito, dalam proses menyiapkan 65 tempat tidur dengan fasilitas ICU.

"Lima hari ini akan selesai, mudah-mudahan tanggal 2 Agustus 2021 rampung. Tenaga kesehatannya dari Kementerian Kesehatan akan masuk pada 30 Juli 2021, sehingga insya Allah tanggal 5 Agustus 2021 sudah bisa dioperasikan," ujarnya.

Selain itu, Basuki juga meninjau asrama Balai Diklat BPSDM Wilayah V Kementerian PUPR yang dimanfaatkan menjadi fasilitas isolasi pasien Covid-19.

Fasilitas isolasi tersebut sudah dioperasikan sejak 17 Juli 2021 dengan kapasitas 150 tempat tidur.

Di Yogyakarta Kementerian PUPR juga melakukan penambahan kapasitas di RSUD Panembahan Senopati sebanyak 14 tempat tidur, RS PKU Muhammadiyah Bantul sebanyak 15 tempat tidur IGD, penyediaan sarana pendukung RSPAU Hardjolukito, pemanfaatan Rusun UGM dengan kapasitas 86 tempat tidur, dan pemanfaatan Rusun UNY dengan kapasitas 86 tidur.

Baca juga: Kementerian PUPR akan Ubah RSCM Jadi RS Covid-19 dalam 3 Minggu

Pada kesempatan itu, Direktur Utama RSUP Sardjito Yogyakarta, Eniarti menjelaskan bahwa penambahan kapasitas untuk pasien Covid-19 memanfaatkan gedung parkir lama yang terhubung dengan ruang perawatan.

"Pembangunan tambahan ICU dengan memanfaatkan gedung parkir lama karena saat ini kami sudah membangun gedung parkir baru," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com