Kompas.com - 28/07/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS menguat di pasar spot pada Rabu (28/7/2021).

Melansir data Bloomberg pagi ini, rupiah berada pada level Rp 14.490 per dollar AS, atau menguat 0,02 persen (2 poin) dibandingkan dengan penutupan sebelumnya Rp 14.492 per dollar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra mengatakan, penguatan rupiah cukup sempit karena pasar mengantisipasi hasil rapat kebijakan moneter Bank Sentral AS yang akan dirilis dini hari nanti.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bergantung pada Periode PPKM Level 4

 

Dia menilai, indikasi kebijakan tapering bisa mendorong penguatan dollar AS, namun penegasan mempertahankan pelonggaran moneter bisa mendorong pelemahan dollar AS.

“Hari ini konsolidasi masih mungkin terjadi. Nilai tukar rupiah mungkin menguat mengikuti penguatan nilai tukar emerging market lainnya terhadap dollar AS pagi ini. Tapi penguatan mungkin tidak jauh karena faktor Bank Sentral AS tersebut dan tekanan dari kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia yang masih tinggi,” kata Ariston.

Sementara itu, Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri mengungkapkan, hari ini rupiah akan melanjutkan pergerakan di kisaran Rp 14.458 per dollar AS hingga Rp 14.523 per dollar AS.

Reny berpendapat, hari ini rupiah masih dipengaruhi oleh capital outflow seiring aksi wait and see investor terhadap hasil FOMC.

Baca juga: Rincian Harga Emas Antam Hari ini Mulai dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

“Pergerakan rupiah masih dipengaruhi oleh tren capital outflow seiring aksi wait and see investor terhadap hasil FOMC meeting Juli 2021. Diperkirakan The Fed masih tetap mempertahankan FFR di level 0,25 persen,” jelas Reny.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada pada level Rp 14.489 per dollar AS pada Selasa (27/7/2021), atau menguat dibandingkan sebelumnya Rp 14.494 per dollar AS.

Adapun kurs di bank-bank besar di Indonesia, seperti di BRI, kurs jual dipatok pada Rp 14.625 per dollar AS. Kurs jual berarti pihak bank menjual dollar AS pada posisi ini. Sementara untuk kurs beli di BRI adalah Rp 14.435 per dollar AS. Kurs beli ini berarti bila Anda ingin menjual dollar AS maka pihak bank akan membelinya pada posisi ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.