Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I-2021, Laba Bersih BTPN Syariah Tumbuh 89 Persen Jadi Rp 770 Miliar

Kompas.com - 28/07/2021, 11:13 WIB
Rully R. Ramli,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Syariah Tbk membukukan laba bersih sebesar Rp 770 miliar pada semester I-2021. Capaian ini tumbuh sekitar 89 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, yakni sebesar Rp 407 miliar.

Pertumbuhan laba tersebut selaras dengan tumbuhnya margin keuntungan bersih sebesar 24 persen secara year on year (yoy) menjadi Rp 2,07 triliun.

Pada paruh pertama tahun 2021, BTPN Syariah telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 10,05 triliun, tumbuh 15 persen yoy, dibanding periode sebelumnya Rp 8,74 Triliun.

Baca juga: Fokus Digitalisasi, CEO BTPN: 5.500 Karyawan Kami Memilih Karier yang Lain...

“Pertumbuhan di saat pandemi ini tetap mengedepankan kualitas pembiayaan yang sehat dengan menjaga NPF (Non Performing Financing) di posisi 2,4 persen,” kata Direktur Utama BTPN Syariah, Hadi Wibowo, dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021).

Hadi menjelaskan, salah satu strategi yang diambil oleh perusahaan ialah menjaga hubungan baik dengan nasabah pembiayaan di tengah kondisi pandemi.

“Berbagai program reward dan aktifitas sosial untuk nasabah, keluarga, dan lingkungan sekitar mereka seperti bantuan pendidikan untuk anak-anak nasabah tetap dijalankan,” tuturnya.

Adapun sampai akhir Juni 2021, BTPN Syariah rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) berada di posisi 52 persen.

Baca juga: Ada Pandemi, Pembiayaan BTPN Syariah 2020 Tumbuh 6 Persen

Sementara itu, total aset tumbuh 14 persen yoy menjadi Rp 17,41 triliun dari Rp 15,27 triliun. Kemudian, dana pihak ketiga tumbuh 12 persen yoy menjadi Rp 10,61 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com