BI Tekankan Pentingnya Transformasi Ekonomi di Tengah Upaya Pemulihan Ekonomi

Kompas.com - 28/07/2021, 15:47 WIB
Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo. KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANDeputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Transformasi ekonomi dinilai menjadi salah satu langkah penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Waluyo mengatakan, di tengah upaya pemulihan ekonomi, transformasi ekonomi harus berjalan beriringan guna mengakselerasi kegiatan di sektor rill.

"Serta kembali mengarahkan kinerja ekonomi ke lintasan pertumbuhan potensialnya," kata Dody dalam ketarangannya, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Gubernur BI: Bank Lebih Mudah Salurkan Kredit Jika UMKM Berkelompok

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Bidang II untuk Kajian dan Perumusan Kebijakan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) itu, terdapat tiga hal penting yang dapat mendukung penguatan fondasi ekonomi.

Pertama, dari sisi produktivitas, perlu direvaluasi sehingga hasilnya bisa dikonversi tidak hanya dari sisi kuantitas. tetapi juga kualitas pekerjaan.

Kedua, dari sisi sumber daya, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tenaga kerja disebut memegang peranan penting dalam peningkatan daya saing.

"Sejalan dengan penggunaan teknologi digital dan otomasi yang semakin luas di kalangan industri," kata Dody.

Terakhir, dari sisi kapital, kebijakan untuk menarik dan mempermudah investasi perlu dilakukan untuk mendorong peranan swasta yang lebih optimal dalam pembiayaan pembangunan.

Baca juga: BI Sebut Bisnis Makanan Halal Menjanjikan Saat Pandemi

"Di daerah, peningkatan akumulasi kapital antara lain ditopang oleh pembangunan infrastruktur, terutama untuk konektivitas dan penyediaan energi," ucap Dody.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.