Apa Itu Audit: Definisi, Jenis, dan Tahapannya dalam Perusahaan

Kompas.com - 29/07/2021, 06:17 WIB
Ilustrasi laporan keuangan, balance sheet adalah, apa itu balance sheet, balance sheet adalah nama lain dari, pengertian balance sheet. ?audit adalah, arti audit, apa itu audit

Thinkstock/alzayIlustrasi laporan keuangan, balance sheet adalah, apa itu balance sheet, balance sheet adalah nama lain dari, pengertian balance sheet. ?audit adalah, arti audit, apa itu audit

JAKARTA, KOMPAS.com - Audit adalah istilah untuk suatu proses pemeriksaan. Arti audit sendiri lebih sering dikaitkan dengan pemeriksaan pada penyajian laporan keuangan perusahaan. Apa itu audit?

Dikutip dari The Economic Times, audit adalah pemeriksaan pembukuan hingga pemeriksaan fisik untuk memastikan suatu departemen dalam organisasi atau perusahaan sudah mengikuti sistem pencatatan yang terdokumentasi.

Audit juga berfungsi untuk memastikan bahwa sistem pembukuan dan tata kelola perusahaan terhindar dari kesalahan penyajian atau penipuan (fraud).

Audit adalah berfungsi untuk memastikan keakuratan loporan keuangan yang disajikan oleh organisasi atau perusahaan. Orang yang melakukan audit disebut dengan auditor.

Baca juga: Apa Itu Balance Sheet atau Neraca Keuangan?

Arti audit sendiri bisa dilakukan dua pihak, yakni audit oleh internal perusahaan yang dilakukan oleh karyawan bagian pemeriksaan atau kepala departemen tertentu. Audit ini disebut dengan audit internal.

Kedua yakni audit eksternal yakni proses audit yang dilakukan oleh pihak luar yakni auditor independen. Saat ini, arti audit juga sudah meluas, tak hanya memeriksa, namun juga melakukan investigasi. Ini karena fungsi audit adalah pencegahan atas tindakan fraud.

Namun pada kenyataannya, audit juga tak hanya mencakup pemeriksaan pembukuan dan laporan keuangan, namun juga bisa mencakup audit atas operasional, audit perencanaan strategi, dan audit atas sistem IT.

Berikut tahapan dalam audit:

  • Penunjukan auditor. Jika auditor adalah eksternal, maka biasanya ditunjuk oleh pemegang saham.
  • Perencanaan audit yang mencakup rincian tenggat waktu dan departemen yang akan diaudit.
  • Proses audit yakni saat auditor melakukan pengumpulan informasi dan pemeriksaan. Temuan auditor dituangkan dalam laporan yang disusun secara sistematis.
  • Melaporkan hasil audit yang terdokumentasi dalam laporan auditor.

Baca juga: Apa Itu Profit: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.