Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdagangan Kamis, IHSG Diprediksi Bergerak Melemah

Kompas.com - 29/07/2021, 08:22 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Kamis (29/7/2021) akan kembali melemah. Meski demikian, investor bisa mencermati sejumlah saham pilihan yang menjadi rekomendasi para analis untuk meraih cuan pada trading hari ini.

Seperti diketahui IHSG kemarin ditutup melemah 0,14 persen ke level 6.008,52 pada akhir perdagangan. Analis memprediksi IHSG hari ini akan berada di zona merah karena sentimen negatif dari dalam negeri dan luar negeri.

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christopher Jordan prediksi IHSG tertekan oleh sentimen kenaikan kasus Covid-19 dan angka kematian. Akan tetapi, pelemahan IHSG cukup terbatas karena tertopang rilis kinerja beberapa emiten yang sesuai dengan ekspektasi.

Baca juga: The Fed Kembali Tahan Suku Bunga, Tapi Beri Isyarat Siap "Tapering"

Untuk perdagangan Kamis (29/7/2021), prediksi IHSG akan melanjutkan pelemahan dengan level support di 6.069 hingga 6.050. Sementara, level resistance-nya di 6.111 hingga 6.134.

"Secara teknikal indikator stochastic membentuk deadcross mengindikasikan IHSG berpotensi melemah dalam jangka pendek," ujarnya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Rabu (28/9/2021).

Pergerakan IHSG diprediksi masih terbatas. Investor akan mencermati dampak dari PPKM dan mempertimbangkan hasil dari rapat The Fed terkait penetapan suku bunga dan rencana kebijakan ke depan.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya prediksi, perkembangan pergerakan IHSG terlihat dalam fase konsolidasi jangka panjang. Menurutnya, saat ini masih minim sentimen positif yang bisa menggerakkan IHSG.

Sementara, capital inflow terlihat belum bertambah secara signifikan.

"Kondisi masih melambatnya perputaran roda perekonomian cukup menjadi tantangan untuk dapat mendorong kenaikan IHSG," jelasnya dalam riset yang diterima Kontan.co.id, Rabu (28/7/2021).

Baca juga: Apa Itu Likuiditas yang Jadi Indikator Kesehatan Perusahaan?

William memprediksi IHSG masih akan tertekan pada perdagangan hari ini Kamis (29/7). Ia prediksi IHSG hari ini akan bergerak di level 5.948 hingga 6.123.

Adapun beberapa rekomendasi saham pilihan yang bisa ditimbang untuk trading hari ini antara lain ICBP, BMRI, BBCA, AALI, ROTI, TBIG, dan SMRA. (Kenia Intan)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Prediksi IHSG hari Kamis (29/7) melemah, pilih saham ini untuk trading menguntungkan


Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com