[KURASI KOMPASIANA] Mudahnya Berkebun di Rumah

Kompas.com - 29/07/2021, 09:10 WIB
Menanam sayur dan buah di pekarangan rumah Unsplash/ Elaine CasapMenanam sayur dan buah di pekarangan rumah

KOMPASIANA---Berkebun menjadi hobi baru yang sedang tren terutama sejak berbagai aktivitas banyak dilakukan dari rumah.

Hobi tersebut, selain mudah dilakukan, juga menyenangkan sekaligus menghilangkan kepenatan atau stres karena padatnya aktivitas sehari-hari.

Semakin menyenangkan, hobi baru ini bisa dilakukan sesuai keinginan. Mulai dari jenis tanamannya hingga metode penanamannya. Sebagai contoh adalah berkebun sayur.

Dengan berkebun sayur di rumah dapat dipastikan tanaman yang ditanam dapat menghasilkan sayur yang asli dan alami serta bebas dari segala jenis bahan kimia.

Caranya pun tidak sulit. Bila ingin menanam banyak sayuran, diperlukan memilih lokasi yang mendapat sinar matahari dengan baik, karena sayuran membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari langsung setiap hari.

Menjaga ruang yang tepat di antara tanaman-tanaman itu tadi juga diperlukan. Sebab, bila menempatkannya terlalu berdekatan tanamtan-tanaman tersebut akan sulit untuk mendapatkan air, nutrisi, dan sinar matahari.

Berikut ini konten-konten menarik dan populer di Kompasiana seputar berkebun di rumah:

1. Kiat Sukses Berkebun Hanyalah Soal Niat

Berkebun di halaman rumah sendiri memang tantangannya adalah masalah keterbatasan lahan. Bahkan, sering dijumpai halaman depan rumah sudah tidak ada celah tanah yang tersisa.

Tetapi bukan berarti kondisi tersebut menghalangi niat kamu untuk berkebun di rumah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.