Stok Vaksin Covid-19 Aman, Luhut Minta Vaksinasi 2 Juta Dosis Per Hari

Kompas.com - 30/07/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 Dok. ShutterstockIlustrasi vaksin Covid-19

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan menggenjot vaksinasi Covid-19 dengan target mencapai 2 juta dosis per hari mulai Agustus 2021.

Hal itu seiring dengan adanya penambahan stok vaksin.

"Vaksinasi harus terus berjalan. Dengan target stok vaksin bulan depan yang harus tersedia sebanyak 50 juta dosis, saya kira target 2 juta suntikan vaksin per harinya bisa tercapai pada awal Agustus ini," ujar Luhut seperti dikutip dalam Instagram resminya @luhut.pandjaitan pada Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Luhut: Sekarang Kita Mengerti Teknik Tracing Penting dalam Penanganan Covid-19

Selain vaksinasi, upaya penanganan pandemi juga dilakukan pemerintah dengan mendorong 3T yaitu testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan), dan treatment (pengobatan) hingga minimal ke delapan orang yang memiliki kontak erat dengan penderita Covid-19.

"Saya sampaikan kepada seluruh kementerian dan lembaga terkait, bahwa kita harus menggalakkan 3T hingga minimal ke delapan orang yang memiliki kontak erat dengan penderita Covid-19," imbuh Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KC-PEN) itu.

Terkait mekanisme pelaksanaan 3T, Luhut minta untuk dilakukan secara kombinasi yakni digital dan lapangan, yang hasilnya akan terintegrasi dalam sebuah sistem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia bilang, dengan masifnya pelaksanaan testing dan tracing, diperkirakan jumlah kasus konfirmasi harian akan melonjak.

Nantinya, para pasien konfirmasi positif Covid-19 atau kontak erat dengan hasil positif akan di bawa ke tempat-tempat isolasi terpusat yang telah disiapkan lengkap dengan fasilitasnya.

Baca juga: Luhut Sebut Hyundai Bakal Pasok Oksigen untuk Kebutuhan Medis

Fasilitas itu mulai dari 49.000 bed isolation, oksigen, obat-obatan dan perawatan penunjang lainnya sesuai standar WHO.

"Kasus konfirmasi harian akan tinggi karena kapasitas testing yang meningkat. Saya memohon kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak perlu khawatir karena dengan semakin banyak orang yang dites dan dilacak, maka potensi penularan virus bisa berkurang," jelas Luhut.

Luhut menambahkan, pemerintah saat ini terus berupaya meningkatkan kapasitas 3T.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta untuk jajaran kabinetnya bekerja maksimal untuk menurunkan angka kematian akibat Covid-19.

Baca juga: Luhut: Tracing Jadi Kunci Utama Penanganan Covid-19

"Jika saat ini kami yang duduk di pemerintahan sedang mengejar pelaksanaan 3T, saya berharap seluruh masyarakat Indonesia bisa membantu kami dengan lebih disiplin lagi menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi agar kehidupan dan aktivitas kita bisa normal kembali seperti sedia kala," pungkas dia.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.