Kompas.com - 30/07/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi obat Covid-19 rekomendasi Kemenkes freepikIlustrasi obat Covid-19 rekomendasi Kemenkes

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan adanya keluhan dari apotek terkait harga eceran tertinggi (HET) obat terapi Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Berdasarkan hasil pemantauan KPPU, apotek di sejumlah daerah, seperti di Jawa dan Kalimantan mengeluhkan rendahnya selisih antara biaya produksi dan harga jual atau margin obat terapi Covid-19 dengan HET yang telah ditetapkan.

"Dugaan kami adanya kelangkaan karena farmasi tidak bersedia mengadakan (stok) obat sehingga jadi kendala juga," kata Direktur Ekonomi KPPU, Zulfirmansyah, dalam konfernsi pers virtual, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Ini Strategi Pemerintah Cegah Penimbunan Obat Terapi Covid-19

Padahal, pada saat bersamaan sejumlah daerah memiliki surplus pasokan obat terapi Covid-19. Namun, KPPU masih belum bisa memutuskan apakah apotek menahan pasokan obat tersebut.

"Ini masih dalam tahap penyelidikan awal penegakan hukum," katanya.

Komisioner KPPU Ukay Karyadi menjelaskan, dengan rendahnya margin penjualan tersebut, keuntungan yang dapat diambil oleh pihak produsen, distributo, sampai apotek sangat dibatasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, sejumlah apotek disebut memilih menjual obat-obatan selain obat terapi Covid-19.

"Terkait obat-obat itu logisnya karena marginnya tipis di ritel, lebih baik mereka jualan vitamin saja yang harga tidak diatur,” katanya," ujar dia.

Untuk mengatasi hal tersebut, KPPU merekemondasikan pemerintah untuk melakukan penghitungan ulang formulasi HET obat terapi Covid-19, sehingga apotek dapat menerima margin yang lebih wajar.

"Apabila pemerintah tetap memberlakukan HET seperti saat ini tentunya harus ada kontribusi intensif bagi para pedagang misalnya memberikan subsidi untuk menanggung biaya distribusinya," ucapnya.

Baca juga: Kimia Farma Minta Masyarakat Tak Panic Buying Borong Obat dan Vitamin



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.