Taufan Teguh Akbari
Pengamat Kepemimpinan dan Kepemudaan

Pengamat dan praktisi kepemudaan, komunikasi, kepemimpinan & komunitas. Saat ini mengemban amanah sebagai Wakil Rektor 3 IKB LSPR, Chairman Millennial Berdaya Nusantara Foundation (Rumah Millennials), Pengurus Pusat Indonesia Forum & Konsultan SSS Communications.

Kepemimpinan ala Crazy Rich Millennial

Kompas.com - 01/08/2021, 21:22 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BICARA soal kesuksesan, tentunya ada banyak persepsi apa yang disebut dengan kata “sukses”. Kata itu bermakna relatif dan setiap orang memiliki standarnya masing-masing.

Namun, ada dua profesi yang saat ini saya kira menjadi profesi yang digandrungi anak muda, yakni wirausaha dan juga kreator konten.

Menjadi seorang wirausaha bisa membantu banyak orang dan menjadi kreator konten dapat mengedukasi serta menghibur masyarakat banyak.

Bicara profesi kreator konten, pada tahun 2018 lalu, ada 85 Gold Creator Awards (penghargaan terhadap akun yang menembus satu juta pelanggan) dari Indonesia dibandingkan tahun 2017 yang hanya berjumlah 17.

Dari dua profesi ini, milenial bisa meraup pundi-pundi yang tidak sedikit sehingga bisa masuk menjadi crazy rich milennial.

Berbicara soal crazy rich millennial, fenomena ini tidak lepas dari film Crazy Rich Asians tahun 2018. Dari sini, istilah itu mulai digunakan oleh orang-orang yang memiliki kantong yang sangat dalam alias tajir melintir.

Sebuah laporan dari Knight Frank Wealth Report 2021 mengatakan bahwa pada tahun 2025, pertumbuhan orang-orang yang tergolong crazy rich Indonesia diperkirakan akan meningkat sebesar 67,2%. Angka ini mengalahkan Tiongkok yang hanya 46,3%.

Salah satu faktor pendukungnya yang mengakibatkan meningkatnya populasi crazy rich di Indonesia dalam lima tahun mendatang adalah besarnya populasi muda dan meningkatnya kaum kelas menengah.

Faktor pendukung sebenarnya yang menjadi menarik. Mengingat Indonesia akan mengalami bonus demografi dan sedang dalam perjalanan meraih hal tersebut, ini menjadi sinyal baik.

Hal ini berarti bahwa akan ada potensi munculnya crazy rich millennial baru di Indonesia. Namun, mencapai hal itu tentu sulit karena membutuhkan kerja keras, ketekunan serta semangat untuk tidak menyerah terhadap keadaan dan sifat kepemimpinan yang tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.