Meski Ada PPKM, MAP Kantongi Pendapatan Rp 9,1 Triliun pada Semester I 2021

Kompas.com - 03/08/2021, 11:38 WIB
Ilustrasi rencana belanja daerah shutterstock.comIlustrasi rencana belanja daerah

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) pada semester I 2021 mencatatkan pendapatan bersih Rp 9,1 triliun dan margin laba kotor 42,7 persen.

Sementara itu, laba usaha MAP pada semester I 2021 sebesar Rp 684,0 miliar, dengan Ebitda Rp 1,8 triliun dan laba bersih Rp 288,1 miliar.

VP Investor Relations, Corporate Communications dan Sustainability MAP Group Ratih D Gianda mengungkapkan, traffic mal masih terbatas akibat pengurangan jam operasional, yang disebabkan kenaikan kasus Covid-19 serta adanya pengendalian aktivitas publik oleh pemerintah.

Baca juga: Cegah Dampak Tapering, Bos BI: We Need You Investor Ritel

Walaupun begitu, produktivitas penjualan MAP pada kuartal kedua tumbuh secara signifikan melampaui ekspektasi dibandingkan kuartal pertama.

Hal ini didorong oleh bertambahnya jumlah pengunjung pada platform digital, terutama pada musim libur Lebaran di bulan Mei, serta tingginya tingkat konversi setiap pembeli yang didasari oleh pangsa pasar yang lebih baik melalui program MAP CLUB.

"Kami sangat termotivasi oleh pencapaian kinerja semester pertama, walaupun pandemi masih terus menimbulkan gangguan jangka pendek pada kemajuan perusahaan. Selama lebih dari 12 bulan, kami telah melakukan revitalisasi pada MAP, memperbaiki struktur biaya, memperbarui penawaran merek-merek perusahaan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan melalui investasi digital MAP pada program Loyalty dan CRM," ujar Ratih melalui keterangan tertulis mengutip dari keterbukaan informasi, Selasa (3/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan, pada kuartal II 2021, perusahaan membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 4,8 triliun, dengan margin laba kotor 43,5 persen.

Baca juga: Lewat Ajaib, Investor Ritel Mulai Booking Saham IPO Bukalapak

Kemudian, laba usaha tercatat sejumlah Rp 496,3 miliar, dan Ebitda Rp 1,0 triliun, sementara laba bersih sebesar Rp 269,6 miliar.

MAP melanjutkan momentum 2021 dengan kinerja penjualan dan keuntungan kuartalan terbaik selama 2 tahun, didukung oleh perbaikan secara menyeluruh dalam strategi digital Unified Retail, serta meningkatnya permintaan untuk portofolio merek MAP yang luas.

Secara spesifik pada kuartal II tahun ini, penjualan e-commerce meningkat sebesar 27 persen. Sedangkan, pada semester pertama penjualan e-commerce turut meningkat 38 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.