Kompas.com - 03/08/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi wirausaha freepik.com/ pressfotoIlustrasi wirausaha

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis, kerap didengar istilah wirausaha. Secara etimologis, wirausaha berasal dari dua kata, yaitu wira dan usaha.

Wira memiliki makna manusia yang unggul, gagah berani, dan mempunyai watak agung hingga dimaknai sebagai pahlawan. Sementara itu, usaha adalah kegiatan bekerja atau melakukan sesuatu.

Lantas, apa sebenarnya definisi wirausaha?

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Pengangguran?

Menurut Dan Stein dan Jhon F Burgess (1993), wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan dan berani menanggung risiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Sementara menurut Robbins dan Coulter (2010), wirausaha adalah proses dimana seseorang atau sekelompok orang menggunakan usaha dan sarana yang terorganisasi untuk mengerjar peluang guna menciptakan nilai dan bertumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.