Ikappi Dorong Pemerintah Lakukan Vaksinasi Langsung di Pasar

Kompas.com - 04/08/2021, 07:12 WIB
Ilustrasi bumbu dan rempah di pasar tradisional di Banyuwangi. SHUTTERSTOCK/AKHMAD DODY FIRMANSYAHIlustrasi bumbu dan rempah di pasar tradisional di Banyuwangi.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mendorong pemerintah agar vaksinasi Covid-19 dilakukan langsung di pasar.

Ketua Bidang Infokom DPP Ikappi Muhammad Ainun Najib mengatakan, jika vaksinasi di lakukan di pasar, maka antusiasme pedagang akan tinggi.

Sementara jika dilakukan di luar pasar, para pedagang cukup sulit meninggalkan dagangannya walaupun satu jam.

"Kita tahu kondisi ekonomi cukup sulit. Maka mendorong mereka untuk meninggalkan barang dagangan untuk ikut ke sentra-sentra vaksin yang jaraknya cukup jauh mereka tidak berkenan," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Kementan Pastikan Ketersediaan Pangan Aman

Belum lagi, kata dia, hoaks tentang vaksin dan Covid-19 masih cukup kuat di pasar tradisional.

"Masih banyak pedagang yang enggan divaksin dan tidak percaya Covid-19, sehingga IKAPPI mendorong agar terjun langsung dan sosialiasasi secara intens kepada pedagang," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu Ainun juga mengatakan, PPKM yang berlanjut hingga 9 Agustus memaksa pedagang untuk melangsungkan kehidupan dengan kondisi tertatih-tatih.

Oleh sebab itu, IKAPPI berharap semua pihak untuk ikut bergotong royong agar dapat mensukseskan program vaksinasi dengan tagline pedagang sehat ekonomi kuat.

“Maka kepada pengurus pasar, Pemprov DKI dan juga pemerintah pusat. Untuk menggunakan pola pola yang telah kami lakukan ini agar dapat menyukseskan program vaksinasi yang di arahkan oleh Presiden Jokowi,” kata Ainun.

Baca juga: Greysia-Apriyani dkk Bakal Dapat Tabungan Emas dari Pegadaian

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.