Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikappi Dorong Pemerintah Lakukan Vaksinasi Langsung di Pasar

Kompas.com - 04/08/2021, 07:12 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) mendorong pemerintah agar vaksinasi Covid-19 dilakukan langsung di pasar.

Ketua Bidang Infokom DPP Ikappi Muhammad Ainun Najib mengatakan, jika vaksinasi di lakukan di pasar, maka antusiasme pedagang akan tinggi.

Sementara jika dilakukan di luar pasar, para pedagang cukup sulit meninggalkan dagangannya walaupun satu jam.

"Kita tahu kondisi ekonomi cukup sulit. Maka mendorong mereka untuk meninggalkan barang dagangan untuk ikut ke sentra-sentra vaksin yang jaraknya cukup jauh mereka tidak berkenan," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Kementan Pastikan Ketersediaan Pangan Aman

Belum lagi, kata dia, hoaks tentang vaksin dan Covid-19 masih cukup kuat di pasar tradisional.

"Masih banyak pedagang yang enggan divaksin dan tidak percaya Covid-19, sehingga IKAPPI mendorong agar terjun langsung dan sosialiasasi secara intens kepada pedagang," ungkapnya.

Selain itu Ainun juga mengatakan, PPKM yang berlanjut hingga 9 Agustus memaksa pedagang untuk melangsungkan kehidupan dengan kondisi tertatih-tatih.

Oleh sebab itu, IKAPPI berharap semua pihak untuk ikut bergotong royong agar dapat mensukseskan program vaksinasi dengan tagline pedagang sehat ekonomi kuat.

“Maka kepada pengurus pasar, Pemprov DKI dan juga pemerintah pusat. Untuk menggunakan pola pola yang telah kami lakukan ini agar dapat menyukseskan program vaksinasi yang di arahkan oleh Presiden Jokowi,” kata Ainun.

Baca juga: Greysia-Apriyani dkk Bakal Dapat Tabungan Emas dari Pegadaian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com