BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Astra Life

Bentuk Cinta pada Keluarga, Ini Pentingnya Memiliki Asuransi di Masa Pandemi

Kompas.com - 04/08/2021, 15:06 WIB
Ilustrasi keluarga yang harmonis. Dok. ShutterstockIlustrasi keluarga yang harmonis.

KOMPAS.com - Masyarakat perlu tetap bersiaga dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kesehatan pun harus dijaga agar tidak mudah terpapar virus corona. Pasalnya, virus ini dapat menyerang segala usia, tidak peduli muda ataupun tua.

Keadaan tersebut membuat masyarakat semakin sadar untuk memiliki asuransi sebagai proteksi. Mereka pun mulai mengalihkan pembelian konsumtif untuk keperluan asuransi.

Hal ini dibuktikan dengan data yang dipublikasikan Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) pada kuartal I 2021. Berdasarkan data itu, jumlah polis asuransi jiwa mengalami peningkatan mencapai 17,78 juta atau 1,8 persen year on year (yoy).

Sementara, polis perorangan tumbuh 2,7 persen yoy menjadi sebanyak 17,24 juta dan polis kumpulan tercatat melambat 21,6 persen yoy menjadi sebanyak 533.360.

“Pandemi Covid-19 turut meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk asuransi jiwa dan kesehatan,” kata Ketua Dewan Pengurus AAJI Budi Tampubolon seperti dilansir dari Media Asuransi News, Rabu (28/7/2021).

Perlu diketahui, memiliki asuransi jiwa dan kesehatan juga merupakan bukti cinta terhadap keluarga. Sebab, asuransi dapat memberikan uang pertanggungan saat terjadi risiko tak terduga seperti sakit atau meninggal dunia. Uang pertanggungan tersebut dapat digunakan untuk meng-cover kebutuhan finansial keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika seseorang jatuh sakit, banyak biaya yang timbul di luar biaya perawatannya itu sendiri, seperti biaya akomodasi keluarga yang menjaga, biaya terapi, vitamin, dan lainnya. Jumlah biaya ini tidak sedikit dan bisa mengancam kondisi keuangan keluarga.

Berdasarkan survei Global Medical Trends Survey Report (2020), biaya kesehatan di Indonesia selalu mengalami peningkatan hingga 10 persen setiap tahun. Biaya tersebut dinilai lebih tinggi dibandingkan rata-rata biaya kesehatan di negara Asia Pasifik yang hanya menyentuh level 7 persen.

Pilih asuransi jiwa dan kesehatan yang tepat

Memilih asuransi juga memerlukan pertimbangan. Agar lebih praktis dan relevan dalam memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan di masa kini dan pascapandemi, pengguna perlu mempertimbangkan beberapa kriteria.

Baca juga: Diminati Kaum Milenial, Berikut Tips Memilih Produk Asuransi Jiwa Digital

Pertama, pilih yang menawarkan proses pengajuan asuransi yang mudah, aman, dan nyaman. Saat ini, banyak perusahaan asuransi menawarkan produknya secara online sehingga proses pendaftaran asuransi tidak perlu mengisi dokumen kertas.

Dengan begitu, polis bisa langsung diterima melalui email. Pastikan juga perusahaan tersebut sudah memiliki standar keamanan sehingga pengguna tidak perlu khawatir terkait keamanan data.

Kedua, tanpa cek medis. Pendaftaran beberapa produk asuransi konvensional masih menerapkan cek medis untuk menentukan besaran uang pertanggungan (UP) yang akan didapatkan pengguna.

Di tengah kondisi pandemi dengan pembatasan aktivitas sosial, pendaftaran asuransi tanpa perlu cek medis tentu menjadi solusi untuk mendapatkan produk perlindungan dengan mudah, aman, dan cepat sehingga proteksinya dapat langsung aktif saat itu juga.

Ketiga, fleksibilitas memilih manfaat asuransi sesuai kebutuhan. Sebagai informasi, produk asuransi pada umumnya memiliki manfaat utama dan manfaat tambahan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, seperti santunan rawat inap saat berada di intensive care unit (ICU), penyakit kritis, aneka perawatan rumah sakit, hingga penggantian biaya pembedahan.

Keempat, sesuaikan dengan kebutuhan. Sebagian besar karyawan di perusahaan di Indonesia telah diberikan fasilitas asuransi kesehatan, baik melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) maupun swasta.

Baca juga: Beradaptasi dan Berinovasi di Tengah Pandemi, Astra Life Gaungkan #iGotYourBackLawanCOVID

Untuk itu, hal yang perlu diperhatikan adalah apakah manfaat atau uang pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan sudah bisa mencukupi kebutuhan Anda dan keluarga. Bila tidak, memiliki asuransi jiwa dan kesehatan tambahan bisa menjadi solusi untuk melengkapi kebutuhan perlindungan Anda.

Itulah empat hal yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi jiwa dan kesehatan. Adapun berbagai kemudahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan memilih produk asuransi Flexi Health dari Astra Life.

Sebagai produk yang mengombinasikan asuransi dasar AVA Life Protection dan tambahan AVA Health Protection, Anda akan mendapatkan manfaat utama berupa perlindungan jiwa, santunan rawat inap, dan enam manfaat tambahan yang bisa Anda atur sendiri sesuai dengan kebutuhan. Nilai dari masing-masing manfaat juga bisa pengguna pilih sendiri.

Berbagai manfaat tambahan tersebut adalah santunan rawat inap ICU, penyakit kritis, cepat sembuh, aneka perawatan rumah sakit, penggantian biaya pembedahan, dan penggantian biaya setelah rawat inap.

Untuk mendaftarkan diri, pengguna Flexi Health hanya perlu mendaftar secara online dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera melalui laman ilovelife.co.id, official e-commerce milik Astra Life tanpa perlu menyertakan cek medis. Jika semua syarat telah terpenuhi, nasabah akan menerima polis yang dikirimkan melalui e-mail.

Nasabah juga bisa mengisi nilai manfaat yang diinginkan sesuai dengan usia dan kebutuhan melalui ilustrasi premi Flexi Health. Dengan begitu, pengguna bisa langsung mengetahui jumlah premi yang perlu dibayarkan sesuai dengan manfaat yang dipilih.

Sebagai contoh, jika nasabah merupakan seorang wanita berusia 23 tahun, untuk mendapatkan santunan rawat inap hingga Rp 500.000 per hari, pengguna hanya perlu membayar premi mulai Rp530.000 per tahun. Sementara untuk santunan rawat inap Rp100.000 per hari, pengguna hanya perlu membayar premi Rp125.000 per tahun.

Beragam manfaat Flexi Health bisa pengguna dapatkan hingga usia 70 tahun untuk santunan manfaat meninggal dunia dan 60 tahun untuk santunan rawat inap yang setiap tahunnya diperpanjang secara otomatis tanpa harus mendaftar ulang.

Proses klaim produk asuransi ini juga dapat dilakukan secara online hanya dengan mengisi formulir klaim dan mengunggah dokumen yang diperlukan melalui laman ilovelife.co.id. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu proses klaim berjalan sesuai dengan ketentuan polis.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera proteksi diri Anda dan keluarga melalui asuransi Flexi Health di ilovelife.co.id.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.