Anthony Salim Lakukan Aksi Gadai Saham DCII, Ini Penjelasan Manajemen

Kompas.com - 04/08/2021, 19:08 WIB
Gedung Data center DCI Indonesia dok DCI IndonesiaGedung Data center DCI Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Taipan pemilik Salim Group sekaligus Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) Anthoni Salim diketahui melakukan aksi gadai saham PT DCI Indonesia Tbk (DCII) yang diborongnya.

Aksi gadai saham tersebut diketahui terlaksana pada 15 Juni 2021.

Terkait hal itu, Manjemen DCII menjelaskan bahwa transaksi gadai saham yang dilakukan Anthony Salim tidak berkaitan dengan rencana ekspansi bisnis perusahaan.

Atas aksi gadai saham yang dilakukan Anthony Salim, pihak DCII pun menegaskan tidak menerima dana dari hasil gadai.

Baca juga: Anthony Salim Borong Saham, Bos DCI Ungkap Alasannya

"Perseroan tidak pernah menerima aliran uang yang bersumber dari aktivitas gadai saham yang dilakukan oleh pemegang saham Pereroan," ujar Corporate Secretary DCII Gregorius Nicholas Suharsono melalui surat yang ditujukan kepada Kepala Divisi PP1 Bursa Efek Indonesia (BEI) dikutip dari keterbukaan informasi, Rabu (4/8/2021).

Menurut Gregorius, Bos Salim Group itu melakukan aksi gadai saham dalam rangka investasi.

"Berdasarkan informasi yang telah Perseroan terima dari pihak Bapak Athoni Salim selaku pemegang saham Perseroan, gadai saham tersebut dilaksanakan sebagai bagian dari rencana investasi Salim Group di Indonesia," katanya.

Kendati ada aksi gadai saham, pihak DCII memastikan tidak berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha perusahaan serta juga pergerakan harga sama DCI Indonesia di Bursa Efek.

"Pada saat ini, tidak ada informasi atau kejadian penting lainnya yang material dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat mempengaruhi harga saham perusahaan," katanya.

Pada 31 Mei 2021, Anthony Salim menghabiskan dana hingga Rp 1 triliun untuk memborong saham perusahaan penyedia layanan data center, yaitu DCI Indonesia. Sebanyak 192.740.012 lembar saham DCII, Anthoni beli saat itu.

CEO DCI Toto Sugiri mengatakan, pembelian saham ini dilakukan secara personal dan bukan secara grup.

Baca juga: Borong Saham DCI Indonesia, Bos Indofood Gelontorkan Rp 1 Triliun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.