Dapat Pendanaan Rp 460,8 Miliar, DOKU Bakal Perluas Akses Pembayaran Digital

Kompas.com - 05/08/2021, 12:31 WIB
Doku memperkenalkan sistem pembayaran online yang memudahkan para penjual atau pemilik bisnis online. DOKU.COMDoku memperkenalkan sistem pembayaran online yang memudahkan para penjual atau pemilik bisnis online.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Payment gateaway DOKU mendapatkan pendanaan sebesar 32 juta dollar AS atau setara Rp 460,8 miliar (asumsi kurs Rp 14.300 per dollar AS) dari Apis Growth Fund II, dana ekuitas swasta yang dikelola oleh manajer aset berbasis di Inggris, Apis Partners LLP.

Chief Operating Officer DOKU Nabilah Alsagoff mengatakan, investasi tersebut akan digunakan untuk mempercepat pengembangan produk dan layanan, serta memperluas akses pembayaran digital bagi masyarakat Indonesia.

"Perusahaan kami akan dapat berinvestasi dalam engineering dan pengembangan produk untuk usaha kecil dan menengah (UKM) serta mendorong literasi pembayaran digital untuk sektor ini," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Selamat Tinggal Resesi, Ekonomi Indonesia Kuartal II 2021 Tumbuh 7,07 Persen

Menurut Nabilah, pandemi Covid-19 memunculkan percepatan transisi transaksi, dari semula berbasis fisik, menjadi digital. Hal itu akan dijadikan momentum oleh DOKU untuk meningkatkan angka transaksi digital sekaligus inklusi keuangan.

"Bersama Apis Partners, kami berencana untuk memberikan akses yang lebih besar bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan pembayaran secara online dan menikmati pengalaman produk yang sederhana dan tanpa halangan," ujarnya.

Sementara itu, Chief Marketing Officer DOKU Himelda Renuat mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan mitra pengiriman uang (remittance) di negara tetangga untuk memfasilitasi transfer antar negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pada tahun lalu DOKU memproses 47 juta transaksi dengan total transaksi yang diproses mencapai 2,9 miliar dollar AS.

"Sebagai salah satu pelopor payment gateway di Indonesia, DOKU memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar lokal dan memiliki kemampuan penuh untuk membangun solusi pembayaran modern yang diperlukan untuk mengaktifkan perdagangan digital di Indonesia dan wilayah yang lebih luas," ucapnya.

Baca juga: Pembangunan Sodetan Ciliwung-BKT Kembali Dilanjutkan



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.