Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal II-2021, Ekonomi Maluku dan Papua Tumbuh Paling Tinggi

Kompas.com - 05/08/2021, 13:21 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2021 tumbuh 7,07 persen secara tahunan (year on year/yoy). Capaian ini membuat RI mampu keluar dari zona ekonomi negatif sejak kuartal II 2020.

Kepala BPS Margo Yuwono mengatakan, ekonomi RI masih ditopang oleh pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa. Wajar saja, andil Pulau Jawa terhadap PDB adalah sebesar 57,92 persen.

"Secara spasial, Pulau Jawa tumbuh 7,88 persen dengan share (terhadap PDB) sebesar 57,92 persen," kata Margo dalam konferensi pers, Kamis (5/8/2021).

Baca juga: Tandatangani Komitmen Gotong Royong Perangi Covid-19, Menaker Ida: Kita Tidak akan Kalah

Meski begitu, Pulau Jawa bukanlah pulau yang paling tinggi pertumbuhan ekonominya pada kuartal II-2021. 

BPS justru mencatat pertumbuhan ekonomi tertinggi ada di Pulau Maluku dan Papua yang mencapai 8,75 persen. Namun kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional hanya 2,41 persen.

Di posisi kedua yaitu Sulawesi yang ekonominya tumbuh 8,51 persen dengan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional 6,88 persen.

Di posisi ketiga barulah Pulau Jawa yang ekonominya tumbuh 7,88 persen dengan share terhadap pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 57,92 persen.

Selanjutnya di posisi keempat yaitu Kalimantan dengan pertumbuhan ekonomi 6,26 persen. Adapun kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 8,21 persen.

Sementara itu, Sumatera ada diposisi kelima dengan pertumbuhan ekonomi 5,27 persen dan share terhadap pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 21,73 persen.

Sedangkan Bali dan Nusa Tenggara ada di posisi terakhir dengan pertumbuhan ekonomi 3,70 persen dan share terhadap pertumbuhan ekonomi nasional 2,85 persen.

Sementara dilihat dari komponen pengeluaran, pertumbuhan ekonomi masih ditopang oleh konsumsi rumah tangga dan investasi. Porsi kedua komponen bahkan mencapai 84,93 persen.

Baca juga: Selamat Tinggal Resesi, Ekonomi Indonesia Kuartal II 2021 Tumbuh 7,07 Persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com