Defisit Perdagangan RI-China Rp 45 Triliun, Mendag: Terendah dalam 10 Tahun Terakhir

Kompas.com - 06/08/2021, 09:48 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, tren defisit perdagangan Indonesia dengan China kian menipis.

Sepanjang semester I-2021, nilai defisit perdagangan Indonesia dan China sebesar 3,19 miliar dollar AS atau sekitar Rp 45,6 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dollar AS).

Kinerja itu berasal dari nilai ekspor Indonesia ke China sebesar 22,45 miliar dollar AS, sementara nilai impor China ke Indonesia sebesar 25,63 miliar dollar AS.

Baca juga: Arti Impor dan Importir dalam Perdagangan Luar Negeri

Menurut dia, nilai defisit ini terendah dalam 10 tahun terakhir, sejak ASEAN Free Trade Agreement dengan China ditandatangani pada Januari 2010 lalu.

"Untuk defisit (perdagangan) tertinggi memang masih dengan China 3,19 miliar dollar AS, meskipun ini angka terendah defisit kita dengan China mungkin sepanjang 10 tahun terakhir," ujar Lutfi dalam konferensi pers virtual terkait pertumbuhan ekonomi, Kamis (5/8/2021).

Ia bilang, nilai perdagangan Indonesia dengan China sempat menyentuh angka 16 miliar dollar AS.

Namun, terus menurun menjadi 7,5 miliar dollar AS di tahun lalu, berkat peningkatan ekspor produk besi dan besi baja ke Negeri Tirai Bambu itu.

"Maka tahun ini menjadi yang paling rendah, kalau ini konsisten maka defisit perdagangan kita dengan China ini yang terendah 9-10 tahun terakhir," imbuh Lutfi.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Perdagangan Internasional?

Selain China, Indonesia juga mengalami defisit perdagangan dengan Australia sebesar 2,61 miliar dollar AS, yang sekaligus menjadi defisit terbesar kedua. Lalu disusul defisit perdagangan dengan Singapura sebesar 2 miliar dollar AS.

Di sisi lain, Indonesia mengalami suprlus perdagangan, seperti dengan Amerika Serikat (AS) sebesar 6,55 miliar dollar AS, yang merupakan nilai surplus tertinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.