Perdana Melantai di Bursa, Saham Bukalapak Naik 24,71 Persen

Kompas.com - 06/08/2021, 10:28 WIB
CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin pada sesi pencatatan saham BUKA di BEI, Jumat (6/8/2021). YouTube/BEICEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin pada sesi pencatatan saham BUKA di BEI, Jumat (6/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) telah melakukan pencatatan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia, Jumat (6/8/2021).

Pada awal penawaran, BUKA membuka harga sahamnya pada angka Rp 850 per saham.

Berdasarkan data RTI, saham Bukalapak pada pukul 09.59 WIB, melonjak 210 poin atau 24,71 persen menjadi Rp 1.060.

 

Baca juga: Bukalapak Toreh Sejarah Sebagai Unicorn Pertama yang IPO, 96.000 Investor Berpartisipasi

Nilai transaksi sementara yang diperoleh pada IPO BUKA ini sebesar Rp 541,75 miliar dari 511,09 juta saham yang diperjualbelikan.

Sebanyak 3,508 kali frekuensi transaksi saham BUKA terus berjalan.

Direktur Utama Bukalapak Rachmat Kaimuddin mengatakan, walaupun IPO Bukalapak dilakukan di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19. minat terhadap saham Bukalapak tetap tinggi.

Hal ini mencerminkan kepercayaan investor terhadap Bukalapak, perusahaan yang berfokus kepada pemberdayaan UMKM yang merupakan penggerak utama ekonomi Indonesia serta kunci potensi ekonomi di Indonesia.

"Melalui IPO ini, kami di Bukalapak percaya bahwa kami dapat mendorong pertumbuhan UMKM ke tingkatan selanjutnya," ujar Rachmat dalam keterangan tertulis, Jumat.

Baca juga: IPO Bukalapak Dongkrak Kapitalisasi Pasar BEI hingga RP 87,6 Triliun

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Mandiri Sekuritas Silva Halim yang bertindak sebagai Penjamin Efek IPO BUKA menyebutkan, penawaran saham Bukalapak (melalui metode pooling) mengalami kelebihan permintaan sekitar 8,7 kali lipat, dengan pemesanan dari hampir 100.000 investor.

Sebelum IPO, Bukalapak telah melalui proses penawaran awal (bookbuilding) dan roadshow sejak tanggal 9-19 Juli 2021 serta penawaran umum yang dimulai 27-30 Juli.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.