9 Cara Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tidak Membengkak

Kompas.com - 06/08/2021, 13:53 WIB

 

KOMPAS.com - Ada banyak cara menghemat listrik di rumah. Dengan berkurangnya konsumsi listrik, maka tagihan listrik otomatis akan berkurang. Lalu bagaimana cara menghemat energi listrik?

Dilansir dari TVRST, berikut ini cara menghemat listrik di rumah yang cukup mudah dilakukan namun berdampak besar pada tagihan setrum bulanan:

1. Matikan elektronik

Salah satu cara menghemat listrik yang benar-benar bisa mengurangi jumlah tagihan secara signifikan adalah membiasakan mematikan total perangkat elektronik di rumah. Jika memang elektronik sudah tidak digunakan dalam waktu lama, hendaknya Anda mencabut kabel daya.

Terkadang, orang seringkali hanya mematikan perangkat elektronik seperti televisi dengan remote control, namun tidak benar-benar mematikannya alias hanya mengubahnya jadi status mode siaga.

Baca juga: Berapa Biaya Tambah Daya Listrik PLN Terbaru?

Perangkat lain yang seringkali tak sepenuhnya dimatikan antara lain komputer dan video konsol, termasuk mencabut charger dari stop kontak saat sudah tak lagi dipakai. Banyak dari peralatan ini menarik sejumlah kecil listrik sambil menunggu untuk digunakan.

Meskipun listrik yang dikonsumsi perangkat elektronik dalam mode siaga mungkin tampak kecil, semakin lama jangka waktunya, maka semakin besar tagihan listrik Anda.

2. Cairkan es yang membeku di freezer

Tak banyak yang menyangka jika mencairkan es yang membeku di freezer secara rutin jadi cara menghemat listrik yang efekftif.

Ketika es yang berlebihan menumpuk di dalam freezer, mesin pendingin akhirnya bekerja lebih keras untuk mempertahankan semua es itu dan menjaga aliran udara tetap membeku. Akibatnya, lemari es akan menyedot listrik lebih banyak.

Baca juga: Ini Rincian Biaya Pasang Listrik Baru PLN Terkini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.