Kompas.com - 06/08/2021, 15:01 WIB
Ilustrasi tampilan antarmuka aplikasi kirim uang ke luar negeri, Wise. Dok TransferWise/WiseIlustrasi tampilan antarmuka aplikasi kirim uang ke luar negeri, Wise.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpajangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) memberikan dampak bagi aktivitas perbankan. Salah satunya adalah pembatasan jam operasional bank.

Pembatasan ini membuat masyarakat tidak leluasa mengakses layanan-layanan yang mewajibkan nasabah datang langsung ke kantor cabang, seperti transfer uang ke luar negeri.

Untuk memastikan transfer uang keluar negeri bisa cepat, murah dan nyaman di tengah keterbatasan PPKM, ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Misalnya menggunakan jasa remitansi yang berbasis teknologi.

Baca juga: TransferWise Umumkan Berganti Nama Jadi Wise

Mengutip dari siaran pers Wise yang diterima Kompas.com, Jumat (6/8/2021), berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengirim uang keluar negeri menggunakan remitansi online.

1. Cermati biaya pengiriman

Survei Wise menunjukkan 90 persen masyarakat Indonesia merasa tingginya biaya transfer ke luar negeri menjadi beban terbesar bagi mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengirim uang ke luar negeri melalui lembaga keuangan tradisional akan mengenakan biaya tambahan dan biaya tersembunyi, dan sebagian besar orang tidak menyadari tentang biaya tersebut sampai setelah transaksi selesai karena kurangnya transparansi biaya.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih layanan pengiriman online yang mencantumkan dengan jelas, mulai dari nilai tukar uang, biaya pengiriman hingga nominal uang yang tiba pada penerima.

Baca juga: Kisi-kisi SKD CPNS 2021: Materi Soal Ujian TWK, TKP, dan TIU

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.