Pekerja Kena PHK, Bantuan Apa Saja yang Didapatkan dari Program JKP?

Kompas.com - 06/08/2021, 17:07 WIB
Ilustrasi PHK akibat Covid-19 Shutterstock/Blue Planet StudioIlustrasi PHK akibat Covid-19
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi sulit saat ini diprediksi akan meningkatkan jumlah pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Oleh sebab itu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) memiliki program perlindungan bagi pekerja yang terkena PHK yaitu program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan, lewat program JKP, pekerja yang mengalami PHK akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“JKP adalah jaminan yang diberikan kepada pekerja/buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja. Tujuannya, untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat Pekerja kehilangan pekerjaan,” kata Ida melalui pesan singkat yang diterima Kompas.com, Jumat (6/8/2021).

Baca juga: Titah Erick Thohir ke Bank Pelat Merah demi Jaga Momentum Pemulihan Ekonomi

Ida juga menyebut, melalui JKP pekerja yang di-PHK dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup secara layak. Selain itu kata dia, pekerja yang di-PHK juga dapat kembali berusaha mendapatkan pekerjaan baru.

Dalam program JKP, BPJS Ketenagakerjaan menjadi pelaksana program tersebut. Maka dari itu, Menaker mengimbau para pekerja untuk bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan sehingga ada perlindungan yang didapat ketika perkerja terkena PHK.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami mengajak kepada teman-teman untuk menjadi bagian atau menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan juga BPJS Kesehatan untuk meningkatkan perlindungan diri dan keluarga,” ungkap dia.

Adapun tiga manfaat terpenting dalam program JKP yaitu bantuan uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan mengikuti pelatihan kerja melalui Balai Latihan Kerja Kemenaker.

Baca juga: Ekonomi RI Tumbuh 7,07 Persen, Wamenkeu: Gerak Ekonomi dan Pandemi Seimbang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.