Apa yang Dimaksud Neraca, Neraca Lajur, dan Neraca Saldo?

Kompas.com - 06/08/2021, 22:13 WIB
Ilustrasi, neraca adalah, neraca saldo adalah, neraca lajur adalah, apa itu neraca. ShutterstockIlustrasi, neraca adalah, neraca saldo adalah, neraca lajur adalah, apa itu neraca.

KOMPAS.com - Neraca adalah istilah yang sangat sering dipakai dalam penyajian laporan keuangan. Apa itu neraca (apa yang dimaksud neraca)?

Dikutip dari Investopedia, neraca adalah laporan keuangan yang menyajikan jumlah aset, kewajiban (utang), dan ekuitas (modal) perusahaan pada periode waktu tertentu.

Neraca adalah nama lain dari balance sheet. Balance sheet bisa memberikan gambaran tentang profil lengkap perusahaan dari sisi keuangan. Balance sheet sendiri merupakan bagian dari laporan keuangan bersama dengan laporan laba rugi dan laporan arus kas.

Kegagalan suatu perusahaan dalam menyusun dan menyajikan neraca keuangannya dapat berimbas pada kegagalan seluruh manajemen perusahaan, terutama dalam keputusan pengambilan kebijakan.

Baca juga: Apa Itu Bank Kustodian dalam Investasi Reksadana?

Ini lantaran balance sheet atau neraca adalah sumber informasi penting kondisi keuangan perusahaan. Contohnya neraca memberikan gambaran jumlah aset dibandingkan jumlah utang.

Dalam neraca, kondisi aset bisa diketahui apakah aset perusahaan berupa aset likuid atau sebaliknya. Secara umum, aset dalam balance adalah terbagi menjadi dua, yakni aset tetap dan aset lancar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Neraca saldo dalam balance sheet adalah menyajikan informasi untuk memprediksi jumlah arus kas masa mendatang.

Begitupun gambaran soal utang, apakah lebih banyak yang terdiri dari utang jangka panjang atau utang jangka pendek.

Baca juga: Apa Itu Investor?

Manajemen perusahaan dan pemegang saham (investor) menggunakan neraca untuk mempelajari lebih lanjut tentang sumber pendanaan mana yang digunakan perusahaan untuk mendukung pertumbuhan dan operasinya.

Dalam perhitungannya, neraca menggunakan rumus jumlah aset adalah utang plus modal. Dalam penyajianya, sisi kiri balance sheet adalah aset, sementara di sisi kanan balance sheet adalah utang plus modal.

Sementara neraca lajur adalah suatu lembaran kertas berlajur atau berkolom yang digunakan dalam kegiatan akuntansi secara manual. Adapun kegunaan dari neraca lajur adalah untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.

Sementara neraca saldo adalah suatu daftar yang berisi seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun yang disusun secara sistematis sesuai dengan kode akun yang bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu.

Baca juga: Apa Itu Invoice dan Bedanya dengan Nota maupun Kuitansi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.