KILAS

5 Kunci Sukses Bangun Bisnis ala Ny. Swan Founder Dapur Solo

Kompas.com - 07/08/2021, 14:54 WIB
Potret Founder Dapur Solo Karina Rosalin Kumarga (Nyonya Swan) DOK. Humas ShopeePayPotret Founder Dapur Solo Karina Rosalin Kumarga (Nyonya Swan)

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap dunia kerja. Tak sedikit perusahaan yang terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) lantaran tak mampu membayar gaji karyawan.

Hal tersebut memicu banyak orang untuk memulai bisnis sendiri di rumah. Salah satu bisnis yang kerap menjadi pilihan adalah usaha kuliner.

Tahukah Anda, rumah makan Dapur Solo yang sudah berdiri sejak 1988 juga berawal dari bisnis rumahan dengan bermodalkan Rp 100.000 dan garasi rumah untuk lokasi berjualan.

Dengan semangat dan kerja keras selama 33 tahun, founder Dapur Solo Karina Rosalin Kumarga kini sudah memiliki 42 cabang di Jakarta dan sekitarnya. Nama Dapur Solo pun sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Rumah makan Dapur Solo menyediakan kuliner Nusantara, khususnya khas Solo dan Jawa Tengah. Beberapa menu andalannya antara lain Garang Asem Ayam, Lontong Solo, dan Asem-asem.

Baca juga: Kisah Sukses One Salad, dari CFD sampai Punya 10 Cabang di Makassar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karina Rosalin Kumarga yang akrab disapa Nyonya (Ny.) Swan, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Jumat (6/8/2021) membagikan tips membangun dan mengembangkan bisnis agar sukses seperti Dapur Solo.

Berikut adalah lima kunci sukses untuk membangun dan mengembangkan bisnis ala Ny. Swan.

1. Semangat dan optimistis

Ny. Swan mengatakan, keberhasilan seorang pengusaha bergantung pada keuletannya dalam memecahkan dan menghadapi masalah yang pasti akan datang ketika mulai terjun ke dunia bisnis.

“Menjadi pengusaha harus passionate atau bersemangat dalam membangun bisnis,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.