Digitalisasi Jadi Strategi Koperasi Tetap Eksis di Era Modern

Kompas.com - 07/08/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi koperasi Indonesia di zaman digital. koperasi adalah, asas koperasi adalah, azas koperasi adalah, tujuan koperasi adalah (DOK. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi koperasi Indonesia di zaman digital. koperasi adalah, asas koperasi adalah, azas koperasi adalah, tujuan koperasi adalah (DOK. SHUTTERSTOCK)

JAKARTA, KOMPAS.com - Koperasi merupakan salah satu organisasi atau lembaga pembiayaan masyarakat yang telah lama hadir di Indonesia.

Namun, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah koperasi di Indonesia terus menyusut sejak 2017.

Hal tersebut selaras dengan menurunnya minat masyarakat untuk menjadi anggota koperasi. Data Kementerian Koperasi dan UKM menunjukan, jumlah anggota koperasi terus menunjukkan penurunan sejak tahun 2017.

Baca juga: Menko Airlangga: Koperasi Harus Tetap Bergerak di Masa Pandemi

Tercatat pada tahun 2010, jumlah anggota mencapai 30,5 juta orang dan terus meningkat hingga puncaknya pada 2016 tercatat 38,6 juta orang.

Namun, gemilang koperasi meredup pada 2017 ketika jumlah anggota yang tercatat hanya 18,2 juta orang atau menurun lebih dari setengah dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk menyiasati penurunan tersebut, sejumlah koperasi memutuskan untuk melakukan digitalisasi. Langkah tersebut dinilai mampu mempermudah penyaluran dana hingga catatan keanggotaan dapat diakses dengan mudah dan aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati menjadi salah satu koperasi yang telah melakukan digitalisasi.

Langkah digitalisasi dilakukan KSP Sahabat Mitra Sejati dengan meluncurkan aplikasi SOBATKU, simpanan online yang memberikan layanan modern kepada anggota dalam melakukan transaksi keuangan.

Baca juga: Permudah Penyaluran Pinjaman Koperasi, LPDB-KUMKM Bersinergi dengan Jamkrida

Di tengah pandemi Covid-19, koperasi digital juga menjadi solusi untuk tetap menyalurkan pembiayaan di tengah berbagai aturan pembatasan masyarakat.

Ketua I KSP Sahabat Mitra Sejati Ceppy Y Mulyana mengatakan, aplikasi simpanan online yang telah diluncurkan pada 2017 itu, untuk memfasilitasi kebutuhan anggota di tengah kondisi pandemi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.