Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Jamin Penanganan Covid-19 Berjalan Harmonis

Kompas.com - 07/08/2021, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, kerja pemerintah untuk menangani Covid-19 di Indonesia dalam situasi yang baik dan harmonis.

Hal ini diutarakan untuk menjawab banyaknya pertanyaan masyarakat dan media yang meragukan harmonisasi antar lembaga pemerintah, akibat munculnya beberapa perubahan organisasi, struktur dan portofolio penanganan pandemi.

Salah satunya seperti dibentuknya Satgas Penanganan dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Baca juga: Menkominfo: Pemerintah Libatkan Para Ahli Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Menurut Johnny, kelahiran Satgas Covid dan KPCPEN adalah bentuk dari adaptasi penanganan sesuai dengan perkembangan situasi di lapangan.

"Jadi itu bukan karena ada tarik menarik kekuasaan. Itu adalah bagian dari adaptasi organisasi penanganan dari perubahan Covid-19 ini,” ujar Johnny G Plate dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/8/2021).

Politisi Partai Nasdem itu menuturkan, mulanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan situasi keadaan darurat non bencana alam. Kemudian, Kepala Negara membentuk Satgas Penanganan Covid-19, dengan leading sectornya adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Dalam perjalanannya, sektor yang paling terdampak adalah sektor ekonomi nasional. Untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, Presiden kemudian membentuk KPCPEN, yang dipimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga: Mengapa Vaksin Covid-19 Harus Disuntikan di Lengan?

"Jadi tidak ada perbedaan dalam orkestrasinya. Hanya tupoksinya saja yang berbeda, karena menangani Covid-19 ini perlu fokus dan konsentrasi,” kata dia.

Sama halnya pun saat penerapan PPKM Darurat. Johnny mengatakan saat kasus penularan merebak di Jawa dan Bali, Presiden menunjuk Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan sebagai koordinator untuk menangani situasi tersebut.

"Pak Luhut langsung mengajak TNI-Polri dan keterlibatan Pemda. Menkes tetap melaksanakan fungsi-fungsi kesehatan, termasuk vaksinasi,” ucap dia.

Menurut dia, sejak awal Presiden Jokowi lah menyampaikan strategi penanganan pandemi ini dengan cara kolaborasi lintas sektor. Menangani situasi ini tidak cukup hanya satu atau dua lembaga, tetapi harus lintas instansi.

"Kemenkominfo misalnya, berperan mengatasi hoaks Covid-19, bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk counter narasi agar masyarakat tidak terjebak dalam isu-isu hoaks,” ujar Johnny G Plate.

Baca juga: 2 Cara Pendaftaran Vaksin Covid via Online, Mudah dan Cepat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+