Kompas.com - 08/08/2021, 18:26 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa kartu kredit memiliki fasilitas asuransi perjalanan? Perlindungan bagi pemegang kartu kredit untuk perjalanan dalam maupun luar negeri.

Jadi, kartu kredit tidak hanya sebatas fasilitas tarik tunai, cicilan nol persen, dan lainnya, tetapi juga menawarkan asuransi perjalanan. Kamu bisa mendapatkan pertanggungan bila terjadi kecelakaan perjalanan, ketidaknyamanan perjalanan (penundaan atau pembatalan perjalanan, keterlambatan bagasi), dan lainnya.

Fasilitas asuransi perjalanan ini bukan cuma ada di kartu kredit travel. Ada juga di kartu kredit non-travel. Uang pertanggungan atau santunan yang diberikan bank penerbit, mulai dari jutaan sampai miliaran rupiah.

Memang sangat menguntungkan, tetapi kamu perlu tahu tentang asuransi perjalanan kartu kredit. Berikut informasinya seperti dikutip dari Cermati.com:

Baca juga: Unik, Perusahaan Ini Bagikan Undian Motor untuk Pegawai Usai Vaksinasi

1. Syarat dan ketentuan

Beberapa penerbit kartu kredit sudah memfasilitasi asuransi perjalanan tanpa perlu bayar biaya tambahan. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan manfaat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nasabah biasanya akan diminta melakukan transaksi dalam jumlah tertentu. Misalnya, membeli tiket pesawat menggunakan kartu kredit dengan minimal transaksi Rp 5 juta.

Oleh sebab itu, cari tahu syarat dan ketentuan apa saja yang ditetapkan bank penerbit untuk mendapatkan manfaat asuransi perjalanan ini. Dengan begitu, fasilitas ini tidak mubazir dan bisa kamu nikmati ketika melakukan perjalanan nanti.

2. Besaran uang pertanggungan

Masing-masing bank penerbit menetapkan uang pertanggungan atau uang santunan yang berbeda. Tergantung pula jenis kartu kreditnya, seperti platinum dan premium. Mulai dari Rp 250 juta sampai Rp 7 miliar bagi pemegang kartu dan keluarganya.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate dan Berpengalaman

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.