Sandiaga Uno Salurkan Beasiswa untuk 1.000 Anak Pedagang Kaki Lima

Kompas.com - 08/08/2021, 21:30 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memberikan bantuan beasiswa untuk anak pedagang kecil, Minggu (8/8/2021). Dok. Sandiaga UnoMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memberikan bantuan beasiswa untuk anak pedagang kecil, Minggu (8/8/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyerahkan beasiswa kepada 1.000 pelajar yang sudah diseleksi dari 34 provinsi di Indonesia. Bantuan ini merupakan program beasiswa untuk anak pedagang kaki lima (PKL) gelombang kedua.

Dia mengatakan, beasiswa ini merupakan bantuan kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan biaya sekolah anak-anak yang orang tuanya merupakan pedagang kecil. Sebab, para pedagang kecil terdampak keras pandemi Covid-19.

"Hari ini merupakan gelombang berikutnya dari pemberian beasiswa yang terus kita tingkatkan sebagai bantuan kemanusiaan bagi para pedagang kecil, untuk bisa memenuhi kebutuhan biaya sekolah dari siswa-siswanya,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/8/2021).

Baca juga: Cara Daftar Beasiswa Anak Pedagang Kaki Lima dari Sandiaga Uno

Adapun penerima beasiswa untuk anak PKL ini merupakan pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan anak yatim karena terdampak pandemi Covid-19.

Sedangkan para pelajar yang layak mendapatkan beasiswa ini difokuskan untuk para pelajar dari anak pedagang kecil, belum tersentuh bantuan, terdampak pandemi serta aktif belajar secara virtual selama pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sandiaga mengungkapkan, penerapan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegaiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dilakukan untuk menekan penyebaran corona.

Namun, hal itu juga turut berdampak pada penghasilan pedagang kecil. Otomatis anak-anak dari keluarga tersebut juga terkena imbasnya untuk pendidikan.

"Pada saat kami membuka melalui online ternyata peminatnya begitu banyak dan oleh karena itu sekarang kita sedang menghitung secara menyeluruh konfehersif agar beasiswa yang diberikan oleh kami ini tepat sasarannya, tepat manfaatnya dan tepat waktu, itu yang ingin kami lakukan agar beasiswa ini bisa benar-benar menyentuh yang membutuhkan,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga: Sandiaga Uno: Saya Mohon Teman-teman Musisi Bersabar...

Dia pun mengajak Kahmipreneur dan pengusaha-pengusaha lain untuk turut bergabung dalam program bantuan beasiswa ini. Dengan begitu, para pelajar yang orang tuanya terdampak pandemi bisa terus bertahan untuk memberikan pendidikan terbaik kepada anaknya.

“Harapannya kamipreneur ini bisa hadir bersama-sama dengan donatur, dengan pengusaha-pengusaha sukses untuk memberikan inspirasi dan bantuan bagi siswa-siswa pedagang kecil yang terdampak,” jelasnya.

Selain memberikan beasiswa untuk anak PKL ini, Sandiaga dan Kahmipreneur juga memberitakan paket bantuan beasiswa khusus untuk anak yatim piatu yang orangtuanya meninggal karena Covid-19.

“Ada paket bantuan khusus yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena covod 19 dan beberapa seperti di Kediri Jawa Timur sudah kami lakukan penyerahan secara virtual,” ucap Sandiaga Uno.

Baca juga: Prediksi Sandiaga Uno: Akan Ada Letupan Wisata Usai PPKM

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.