Meroket Hampir 300 Persen, Laba Bersih BUMN Minyak Arab Saudi Tembus Rp 366 Triliun

Kompas.com - 09/08/2021, 06:38 WIB
Kilang minyak milik Aramco arabianbusiness.comKilang minyak milik Aramco

JEDAH, KOMPAS.com - Saudi Aramco meraup laba bersih sebesar 25,5 miliar dollar AS atau setara Rp 366,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.400 per dollar AS) pada kuartal II-2021.

Capaian tersebut tumbuh sekitar 288 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar 6,6 miliar dollar AS atau setara Rp 95,04 triliun.

Kinerja positif BUMN minyak Arab Saudi itu selaras dengan adanya tren perbaikan permintaan minyak yang membuat harga komoditas tersebut terus menguat.

Baca juga: Juli 2021, Harga Minyak Mentah Indonesia Naik Jadi 71,17 Dollar AS per Barel

“Kinerja kuartal kedua mencerminkan permintaan kuat dalam permintaan energi di seluruh dunia,” ujar CEO Aramco Amin Nasser, dikutip dari CNBC, Senin (9/8/2021).

Dengan realisasi tersebut, selama paruh pertama tahun 2021, Saudi Aramco telah membukukan laba bersih sebesar 47,2 miliar dollar AS, tumbuh 103 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari 23,2 miliar dollar AS.

Selain penguatan permintaan minyak, Nasser mengatakan, pertumbuhan laba bersih juga didorong oleh pelonggaran aturan pembatasan global, pelaksanaan vaksinasi, dan stimulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Meski pun masih ada beberapa ketidakpastian seputar tantangan yang ditimbulkan oleh varian Covid-19, kami telah menunjukkan dapat beradaptasi dengan cepat dan efektif terhadap perubahan kondisi pasar,” tuturnya.

Saudi Aramco berencana membagikan dividen sebesar 18,8 miliar dollar AS kepada para pemegang saham.

Baca juga: Masuk Daftar Fortune 500, Pertamina Ungguli Tesla hingga Repsol

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.