Kompas.com - 09/08/2021, 07:01 WIB
Baliho bergambar Puan Maharani di Jalan Pemuda, Blora, Selasa (3/8/2021), reklame adalah, apa itu reklame, reklame komersial adalah, tujuan reklame adalah KOMPAS.COM/ARIA RUSTA YULI PRADANABaliho bergambar Puan Maharani di Jalan Pemuda, Blora, Selasa (3/8/2021), reklame adalah, apa itu reklame, reklame komersial adalah, tujuan reklame adalah

KOMPAS.com - Reklame adalah salah satu media dalam promosi. Model promosi ini bisa ditemui dengan mudah di berbagai sudut kota. Lalu apa itu reklame?

Reklame tak hanya berbentuk papan promosi (billboard). Ketika mendengarkan radio, saat menyaksikan televisi, atau saat berselacar di internet, kita juga akan mudah menemukan reklame. Tujuan reklame adalah untuk media promosi maupun pemberitahuan informasi.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan atau informasi lainnya.

Pemberitahuan tersebut biasanya dikemas dengan kata-kata yang menarik, bahkan disertai gambar dan bentuk visual lainnya.

Baca juga: Mengenal Tarif Pajak Reklame Baliho yang Disinggung Pangdam Jaya

Reklame dibuat semenarik mungkin agar banyak yang memperhatian. Beberapa contoh reklame adalah baliho, brosur, spanduk, poster, billboard, audio, dan visual.

Reklame terbagi dalam 2 jenis, yakni reklame komersial dan non-komersial. Reklame komersial adalah bertujuan memberi pengaruh pada publik untuk menggunakan, mengkonsumsi, atau mengikuti reklame yang mereka lihat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara reklame nonkomersil fungsinya lebih pada pemberitahuan. Di Indonesia, reklame adalah diatur sesuai dengan peraturan daerah (perda).

Ini karena pemasangan reklame berkaitan dengan ruang publik. Perda mengaturnya agar pihak terkait, seperti penyelenggara reklame dan biro reklame (perusahaan jasa periklanan), dapat memasang reklame dengan tertib tanpa mengganggu kepentingan publik.

Baca juga: Apa Itu Franchise dan Bagaimana Skema Bisnisnya?

Perbedaan iklan dan reklame adalah isi konten yang ada di dalamnya. Dari segi bentuk Jika pada umumnya iklan mempunyai bentuk teks penyampaian yang lebih panjang dan sangat detail terkait produk barang atau jasa yang dipromosikannya, namun reklame akan cenderung lebih singkat, namun persuasif.

Sebagian orang menganggap iklan dan reklame adalah hal yang sama. Iklan pada umumnya berbentuk beberapa kata atau kalimat, bisa panjang bahkan ada yang berupa artikel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.