Menguat di Awal Perdagangan, IHSG Diprediksi Melemah Hari Ini

Kompas.com - 09/08/2021, 10:24 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan kedua Agustus ini bergerak fluktuatif, Senin (9/8/2021). Berdasarkan data RTI, meski IHSG dibuka di zona hijau, namun juga sempat melemah tipis 0,03 persen atau 2 poin ke 6.201,27 pada pukul 9.37 WIB. Namun beberapa menit kemudian, IHSG kembali menguat ke zona hijau.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menilai, perkembangan pergerakan IHSG hingga saat ini masih berada dalam rentang konsolidasi wajar. Selama rentang konsolidasi belum berhasil digeser ke arah yang lebih baik maka peluang pelemahan masih terbuka lebar.

"Sedangkan jelang rilis beberapa hasil kinerja emiten selama semester satu secara umum masih terus dibayangi oleh situasi perekonomian yang belum pasti, sehingga rentang gerak IHSG masih akan berada dalam fase konsolidasi hingga beberapa waktu mendatang," kata dia.

Baca juga: Pamit setelah Hampir 1 Abad Kelola Blok Rokan, Ini Kata Bos Chevron

Sementara itu, menurut Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan, IHSG hari ini diprediksi akan melemah. Secara teknikal, kata dia, candlestick membentuk inverted hammer dan stochastic membentuk deadcross di area overbought mengindikasikan potensi melanjutkan koreksi.

"Investor masih akan mencermati perkembangan terkait PPKM dan kasus Covid-19 secara harian. Investor juga akan mengantisipasi rilis data CPI (indeks harga konsumen) dari China," ujarnya dalam proyeksi tersebut.

Sementara di pasar spot, posisi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) berada di teritori negatif. Berdasarkan data Bloomberg, pukul 9.50 WIB, kurs rupiah turun 31 poin atau 0,22 persen ke Rp 14.384 per dollar AS. Dari posisi pekan lalu (6/8/2021), yang berada di Rp 14.352 per dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Baca juga: Ini Tingkat Kupon SBR009 Periode 11 Agustus sampai 10 November 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.