Usai Alih Kelola, Pertamina Siapkan Rp 28,6 Triliun buat Investasi di Blok Rokan hingga 2025

Kompas.com - 09/08/2021, 14:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), resmi mengambil alih ladang minyak Blok Rokan di Riau dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Perusahaan pelat merah ini pun berupaya menjaga produksi Blok Rokan untuk mencapai target.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, pasca-pengalihan kelola, Pertamina menargetkan mengebor sebanyak 661 sumur baru, sehingga diharapkan Blok Rokan tetap menjadi salah satu penghasil utama minyak nasional.

Baca juga: Diambil Alih Pertamina dari Chevron, Ini Sejarah Panjang 97 Tahun Blok Rokan

Saat ini kontribusi Blok Rokan mencapai 24 persen terhadap produksi minyak nasional atau terbesar nomor dua setelah Blok Cepu yang dikelola oleh Mobil Cepu Ltd.

Secara rinci, Pertamina akan mengebor 161 sumur baru pada periode Agustus-Desember 2021. Kemudian, perseroan merencanakan pengeboran lebih kurang sebanyak 500 sumur baru pada 2022.

"Pertamina berkomitmen untuk pertahankan produksi pasca-alih kelola dengan melakukan pengeboran yang telah direncanakan," kata Nicke dalam acara Serah Terima WK Rokan secara virtual, Minggu (8/8/2021) malam.

Kegiatan pengeboran akan didukung dengan penyiapan tambahan 10 rig pengeboran sehingga secara total tersedia 16 rig pengeboran, serta 29 rig untuk kegiatan work over and well service yang merupakan mirroring dari kontrak sebelumnya.

Nicke mengatakan, Pertamina telah menganggarkan investasi senilai 2 miliar dollar AS atau setara Rp 28,6 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dolar AS) untuk Blok Rokan hingga 2025.

Baca juga: Pertamina Resmi Kelola Blok Rokan, Ini Kata Menteri ESDM

Salah satu investasinya termasuk untuk mendanai proyek pengeboran sumur minyak baru di Blok Rokan.

"Pertamina juga telah menetapkan anggaran investasi sampai 2025 senilai 2 miliar dollar AS," imbuh dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.