Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indika Energy Bakal Divestasi 51 Persen Saham Mitrabara

Kompas.com - 09/08/2021, 15:12 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indika Energy Tbk (INDY) akan melakukan divestasi saham pada anak perusahaannya, PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS). INDY bermaksud melepas kepemilikan 51 persen sahamnya di MBSS.

INDY melalui PT Indika Energy Infrastructure (IEI) bersama-sama dengan The China Navigation Co. Pte. Ltd., keduanya sebagai penjual, telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CSPA) dengan PT Galley Adhika Arnawama (GAA) pada 6 Agustus 2021.

"Pejanjian jual beli bersyarat itu sehubungan dengan rencana penjualan seluruh saham penjual di PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) kepada GAA," ungkap Wakil Direktur Utama dan Group CEO Indika Energy Azis Armand dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Penerimaan Cukai HPTL Merosot 28 Persen, Pengusaha Sebut Penjualan Sedang Lesu

Berdasarkan CSPA tersebut, perseroan melalui IEI bermaksud untuk menjual keseluruhan 892.513.586 saham IEI di MBSS. Valuasi yang disepakati untuk seluruh saham di MBSS adalah setara dengan 81 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,15 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dollar AS).

Maka dengan jumlah saham yang mewakili 51 persen dari modal disetor MBSS, perkiraan nilai penjualan dari rencana transaksi adalah sejumlah 41,31 juta dollar AS atau sekitar Rp 590,73 miliar.

Penyelesaian rencana transaksi ditargetkan selesai pada Oktober 2021 dengan pemenuhan beberapa persyaratan pendahuluan sebagaimana diatur di dalam CSPA. Nantinya, setelah transaksi rampung maka MBSS tak lagi menjadi anak usaha INDY.

Azis mengatakan, penjualan kepemilikan saham di MBSS adalah bagian dari strategi INDY sebagai perusahaan energi dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi, dimana perseroan akan mengurangi eksposur di bisnis batubara dan menambah portfolio investasi non-batubara.

Baca juga: Meski Rugi, Hero Pastikan 7.000 Karyawan Giant yang Kena PHK Dapat Pesangon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com