Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei BI: PPKM Bikin Penghasilan Merosot, Orang Makin Malas Belanja

Kompas.com - 09/08/2021, 16:28 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) merilis hasil survei konsumen yang menunjukkan pesimisme akibat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di berbagai wilayah di Indonesia.

Pada Juli 2021, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini makin melemah dari bulan sebelumnya. BI menyebut bahwa PPKM berdampak pada kembali menurunnya aktivitas ekonomi dan terbatasnya penghasilan masyarakat.

“Keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan 6 bulan sebelumnya melemah disebabkan penurunan penghasilan rutin (gaji/upah/honor) maupun omset usaha, yang ditengarai akibat PPKM Darurat di berbagai kota khususnya Jawa dan Bali mulai 3 Juli 2021,” tulis BI, Senin (9/8/2021).

Baca juga: Imbas PPKM, Optimisme Konsumen Anjlok

Berdasarkan hasil survei BI, indeks keyakinan konsumen terhadap penghasilan di Juli 2021 berada pada poin 77,41, turun drastis dari bulan Juni 2021 di poin 99,5.

Penurunan indeks terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, terutama pada kelompok responden dengan tingkat pengeluaran Rp 1-2 juta per bulan.

Menurut kategori usia, penurunan indeks terjadi pada seluruh kelompok usia, terutama responden berusia 51-60 tahun.

Selain itu, keyakinan konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja pada Juli 2021 juga tercatat menurun menjadi 50,1 dibandingkan bulan sebelumnya pada poin 80,4.

“Menurut kelompok pendidikan, penurunan indeks ketersediaan lapangan kerja terjadi pada seluruh kelompok pendidikan responden terutama responden dengan latar belakang pendidikan Sarjana dan Pasca Sarjana,” beber BI.

Baca juga: Ada PPKM, Begini Nasib Penerimaan Pajak

Sedangkan menurut usia, penurunan indeks ketersediaan lapangan kerja terjadi pada seluruh kelompok usia terutama usia 41-50 tahun.

“Sejalan dengan penurunan keyakinan terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja, keyakinan konsumen untuk melakukan pembelian barang tahan lama pada Juli 2021 juga mengalami penurunan, terutama pada jenis furnitur, perabot rumah tangga dan alat elektronik,” sebut BI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com